Reminder

"Beri aku pelajaran TERSULIT, aku akan BELAJAR" Maryamah Karpov

Wajahku sujud kepada Allah yang menciptakannya, dan yang membuka pendengaran dan penglihatannya

Dengan daya dan kekuatan dari-Nya, maka Maha Suci Allah, Sebaik-baik pencipta

(Tilawah Sajadah)

Saturday, October 31, 2020

Cerdas Emosional dan Spiritual Hari Ke-3; Shalat Berjamaah

                            Shalat Berjamaah di Rumah

Zona 3. Family Project #3 Anne & Ayah Sahabat Terbaik keluarga

Perencanaan

Shalat dzuhur kali ini, kami mengadakan shalat berjamaah di rumah. Biasanya bareng Ayah, namun karena Ayah shalat di Masjid maka Anne mengajak anak-anak untuk shalat berjamaah di rumah. 

Nama Project : Shalat Berjamaah Bersama Anne

Project ini bertujuan untuk mengenalkan dan membentuk kebiasaan Mbak Nana dan adik untuk belajar shalat dan mengenal waktu shalat. Khususnya shalat dzuhur, dimana anak-anak sedang seru-serunya bermain. Mereka dapat sejenak beristirahat dari kegiatan bermain dengan kegiatan shalat. Hal ini sekaligus memberikan pengalaman spiritual kepada anak-anak sedini mungkin.

Tim Project

Imam Shalat : Anne
Makmum : Mbak Nana dan Adik
Sie. Perlengkapan : Anne dan Mbak Nana

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Hari : Sabtu, 31 Oktober 2020 
Waktu : Pukul 12.00 WIB
Tempat : Di ruang tengah keluarga
Kegiatan : Sahalat Berjamaah di rumah

Pelaksanaan dan Kendala


Mbak Nana sangat kooperatif membantu anne menyiapkan perlengkapan kegiatan shalat, mulai dari menyiapkan sajadah untuk anne dan adik. Mbak Nana membantu menggelar sajadah untuk kegiatan shalat berjamaah.

Namun pada saat pelaksanaan, Mbak Nana dan adik hanya fokus pada rakaat pertama saja. Setelah itu asik ngobrol dan bemain di sisi sajadah, hehehe. Usai shalat pun akhirnya, anne mengajak Mbak Nana dan adik berbicara bahwa saat shalat kita harus tenang dengan membaca surat alfatihah.

Refleski Kegiatan

Anak-anak mengikuti kegiatan ini dengan antusias. Adik juga berusaha membantu menyiapkan perlengkapan shalat dengan sungguh-sungguh. Melalui kegiatan berjamaah ini tak hanya melatih kepekaan spiritual anak, namun juga membangun ikatan emosional yang kuat antar keluarga.

Prosentase Ketercapaian (%)

Alhamdulillah, Mbak Nana dan adik kooperatif membantu menyiapkan perlengkapan shalat. Hanya saja saat pelaksanaan perlu dilatih kembali, agar dapat tenang. Hehehe. 85%.


No comments: