Reminder

"Beri aku pelajaran TERSULIT, aku akan BELAJAR" Maryamah Karpov

Wajahku sujud kepada Allah yang menciptakannya, dan yang membuka pendengaran dan penglihatannya

Dengan daya dan kekuatan dari-Nya, maka Maha Suci Allah, Sebaik-baik pencipta

(Tilawah Sajadah)

Thursday, October 8, 2020

Melatih Kemandirian Anak Hari Ke-8; Adik Bisa Makan Sendiri (3)

Adik Bisa Makan Sendiri (3)

Zona 2. Melatih Kemandirian Anak #8

Session 2. Hari ke-8
Ketrampilan: Melatih Kemandirian Makan Sendiri untuk Adik  (20 bulan) 

Ini adalah hari ke-8 saya melatih kemandirian anak-anak di rumah. Dan hari ini adalah hari ke-4 latihan dan pengamatan khusus yang dilakukan untuk adik. Pada kesempatan kali ini saya akan mencatat penemuan berupa ketrampilan kemandirian berupa makan sendiri oleh adik. Yaaps, tak hanya kemaren, hari ini pun di mulai dengan rutinitas sarapan pagi.

Usai mandi pagi, anak-anak akan duduk tertib di meja lesehannya. Lalu makan secara mandiri. Kebetulan pagi ini anne memesan salad buah, jadilah anak-anak sarapan salad buah pagi-pagi, lalu diiikuti dengan sarapan puding sisa semalam. Yaa, anne sedang milad. Jadi semalam mengadakan syukuran kecilan di rumah nenek anak-anak (ibu mertua). 

Pagi ini, adik dan Mbak Nana duduk menikmati salad bersama. Alangkah lahap adik menikmati menu makannya. Tak hanya menu salad, adik juga menikmati menu utama nasi dan sop dengan sangat lahap. Hati orang tua mana yang tak senang hatinya demi melihat anak-anaknya makan dengan lahap dan riang gembira. Ya kaan...

Strong Why. Mengapa Melatih Adik Makan Sendiri?


Ketrampilan makan merupakan ketrampilan yang berhubungan dengan diri sendiri. Melatih adik untuk dapat menyelesaikan kebutuhan dirinya akan membantu membangun kepercayaan diri pada adik. Kepercayaan diri ini akan membangu kemandirian yang kuat pada pribadi adik.

Selain itu Adik juga akan belajar menghargai makanan yang diberikan juga belajar bertanggung jawab untuk dapat menyelesaikan makannya dengan baik. 

Strategi Untuk Melatih Kemandirian Adik Bisa Makan Sendiri


1. Menyiapkan menu kesukaan adik, sop ayam. Adik suka makan ayam yang masih ada tulangnya. Adik akan menggenggam daging ayam dan menikmati menggigit daging yang masih ada tulangnya tersebut. Namun dengan tetap memberikan pengawasan.

2. Menyediakan meja makan untuk adik. Dalam beberapa kesempatan saya selingi dengan kegiatan di meja yang sama dengan Mbak Nana. Namun bila kondisi keduanya mood sedang kurang bagus, saya meyiapkan meja dan piring makan masing-masing. Pagi ini, adik makan di meja yang sama dengan Mbak Nana.


3. Menyiapkan alat makan yang menarik perhatian dan aman bagi adik. Saya menyiapkan alat makan yang aman untuk adik (tidak mudah pecah), warna yang menarik perhatian.

4. Menciptakan suasana makan yang kondusif. Disaat makan biasanya saya duduk menemani dan membacakan cerita untuk adik. Adik dan Mbak Nana menyimak cerita saya.

5. Mematikan gadget saat makan. Fokus pada makanan yang ada di piring dahulu. 

6. Menyimpan kudapan-kudapan lainnya seperti buah, minuman segar, biskuit, dsb sebelum menyelesaikan makannya.

Sukses Apa Aku Hari Ini? Alhamdulillah adik menikmati seporsi salad buah, sepotong puding, dan menu makan siang dengan lahap. Duduk dan makan tertib bersama Mbak Nana.


Tantanganku hari ini; Melatih adik tetap fokus menuntaskan makannya hingga usai. 

Rasaku Hari Ini; alhamdulillah selalu bersyukur dan gembira setiap kali adik berusaha untuk melatih dirinya memakai sandal. 

Respon Ananda; puas, tertawa riang gembira.

Evi Marlina
Depok, 08/10/2020
08/10/2020 14:30:13

#harike-8
#tantangan15hari 
#zona2kemandirian 
#pantaibentangpetualang 
#institutibuprofesional 
#petualangbahagia

Referensi :
Notes: cek post sebelumnya untuk melihat detail penjelasan secara teoritikal.





No comments: