Reminder

"Beri aku pelajaran TERSULIT, aku akan BELAJAR" Maryamah Karpov

Wajahku sujud kepada Allah yang menciptakannya, dan yang membuka pendengaran dan penglihatannya

Dengan daya dan kekuatan dari-Nya, maka Maha Suci Allah, Sebaik-baik pencipta

(Tilawah Sajadah)

Wednesday, October 14, 2020

Melatih Kemandirian Anak Hari Ke-14; Aku Berani Mengaji TPA Online Sendiri

 Aku Berani Mengaji TPA Online Sendiri
Zona 2. Melatih Kemandirian Anak #14


Semenjak pandemi kegiatan mengaji TPA sore Mbak Nana beralih menjadi kegiatan mengaji online. Maka setiap pukul 16.00 WIB Mbak Nana bersiap-siap untuk mengaji secara online. Mulanya, Mbak Nana hanya menyimak saja saat kegiatan online berlangsung. Bersuara ketika diminta membaca. Anne pun mendampingi duduk di samping Mbak Nana. Memberinya dorongan dan semangat untuk mau mengeluarkan suara.

Namun kemudian, dari waktu ke waktu 3 minggu terakhir ini pelan-pelan anne mulai mengurangi duduk mendampingi Mbak Nana. Sudah 2 minggu kurang lebih, tidak lagi duduk menemani Mbak Nana mengaji online. Mulanya perlahan-lahan saya mundur dari duduk di samping Mbak Nana, kemudian lama-lama tidak lagi memani Mbak Nana.

Hal ini saya lakukan dengan tujuan, untuk menstimulus agar motivasi yang terbangun adalah dari dalam diri Mbak Nana. Agar keberanian itu muncul secara alami dari dalam dirinya. Mulanya tidak mudah untuk melakukan, saya mengamati Mbak Nana dari balik pintu kamar, memberinya ruang dan kesempatan untuk belajar online secara mandiri dengan guru mengajinya.

Alhamdulillah, meski awalnya Mbak Nana hanya menyimak, dari hari kehari keberanian Mbak Nana semakin terlihat. Mbak Nana mulai tampak percaya diri menjawab sapaan dari Ibu Yos, dan terlibat aktif dalam kegiatan mengaji. Alhamdulillah.

Strong Why. Mengapa Melatih untuk Mengaji Online Sendiri?

Tak lama lagi, Mbak Nana akan masuk PAUD. Sebelum memutuskan untuk memasukkan Mbak Nana ke PAUD/TK saya memutuskan Mbak Nana untuk masuk TPA dahulu. Kegiatan TPA ini di kelola secara profesional di permahan komplek. Kegiatannya sangat beragam hampir mirip seperti sekolah formal. Hanya saja durasi kegiatan mengajinya hanya 1 jam, sehingga ini lebih pas dan cukup sesuai dengan kebutuhan Mbak Nana. 1 jam waktu yang pas untuk melatih rentang perhatian Mbak Nana, disamping secara perlahan mengenalkan Mbak Nana pada lingkungan yang lebih luas, diluar dari keluarga inti.

Pada masa pandemi, mengubah cara belajar pertemuan di kelas dengan kegiatan secara daring. Oleh sebab itu, kami pun menyesuaikan dengan keadaan yang ada. Keadaan seperti ini di sisi lain memberikan kesempatan kepada Mbak Nana untuk belajar menghadapi perubahan, termasuk dengan belajar secara online. Oleh sebab itu perlu pula melatih Mbak Nana untuk belajar mengaji secara online mandiri (tanpa pendampingan anne);

1. Melatih dan menumbuhkan motivasi belajar Mbak Nana dari dalam dirinya sendiri.
2. Menumbuhkan rasa percaya diri pada Mbak Nana ketika belajar tanpa di dampingi anne.
3. Membangun keberanian tampil di depan guru dan teman-temannya secara mandiri.
4. Mempersiapkan kematangan Mbak Nana sebelum melepasnya masuk PAUD/TK dimana anne tak lagi akan mengawasi.
5. Belajar bertanggung jawab menghadiri kegiatan kelas belajarnya meski secara online.

Strategi Untuk Melatih Mengaji Onine Sendiri 

Berikut beberapa strategi yang saya lakukan untuk mendorong dan melatih Mbak Nana belajar online secara mandiri:

1. Memberikan pinjaman fasilitas gadget kepada Mbak Nana ketika proses belajar berlangsung.
2. Memberikan pendampingan pada awal kegiatan, kemudian perlahan memantau dari jauh.
3. Memberikan motivasi dengan bercerita bahwa guru dan teman-temanya sudah rindu dan menunggunya untuk belajar mengaji bersama.
4. Memberika penghargaan dan apresiasi dengan menceritakan kepada Ayah, bahwa Mbak Nana telah berani mengaji secara mandiri. Tidak lagi ditemani anne ketika mengaji.

Sukses Apa Aku Hari Ini?

Alhamdulillh, hari ini Mbak Nana belajar mengaji secara mandiri dengan penuh percaya diri. Suaranya lantang menjawab salam dan sapaan dari Ibu Yos, juga membaca hafalan dan tilawati dengan suara yang lantang dan berani.

Rencana Suksesku Esok Hari? Melanjutkan program pengamatan kegiatan mengaji Mbak Nana secara mandiri.

Rasaku Hari Ini? Alhamdulillah, hari ini bersyukur dan riang gembira.

Respon Ananda? Bersuka cita dan puas, sebab dapat mengasuh adik.

Evi Marlina
Depok, 14/10/2020
14/10/2020 7:36:54

#harike-14
#tantangan15hari 
#zona2kemandirian 
#pantaibentangpetualang 
#institutibuprofesional 
#petualangbahagia

Referensi  








No comments: