Reminder

"Beri aku pelajaran TERSULIT, aku akan BELAJAR" Maryamah Karpov

Wajahku sujud kepada Allah yang menciptakannya, dan yang membuka pendengaran dan penglihatannya

Dengan daya dan kekuatan dari-Nya, maka Maha Suci Allah, Sebaik-baik pencipta

(Tilawah Sajadah)

Friday, October 30, 2020

Cerdas Emosional dan Spiritual Hari Ke-2; Muraja'ah Bersama Ayah

 Muraja`ah Bersama Ayah

Zona 3. Family Project #2 Anne & Ayah Sahabat Terbaik keluarga

Sambutan Hangat

Alhamdulillah, hari Selasa usai Ayah mengajar kelas online, Ayah memberi kabar bahwa akan libur panjang mulai hari Rabu-Ahad. Waaah, masya Allah girang sekali anne mendengarnya. Kegirangan yang juga berefek pada anak-anak, sebab itu berarti mereka dapat menghabiskan waktu bersama  Ayah lebih optimal.

Ayah pun dapat lebih lapang melewati beberapa hari ini, sebab biasanya online di depan leptop mulai pukul 08.00 bahkan terdapat hari-hari yang harus mengajar kelas malam hingga pukul 21:00. Alhamdulillah, setidaknya libur panjang beberapa hari ini dapat memberikan jeda dan mengisi amunisi yang cukup sebelum kembali beraktifitas mengajar.

Anne memanfaatkan momen ini dengan mengobrol bareng suami khususnya di waktu sarapan pagi. Pagi adalah waktu yang sakral dimana kami sekeluarga terbiasa sarapan bersama dengan duduk di kursi makan. Anne menyampaikan kepada ayah bahwa tema tantangan Zona 3 di kelas Bunda Sayang adalah "Family Project." Anne menjelaskan seperti apa misalnya family project itu. Alhamdulillah Mas Faris menyimak anne dengan seksama. 

Perencanaan

Agenda malam ini adalah Mbak Nana murajaah hafalan dengan Ayah. Biasanya Mbak Nana mengaji tilawati dengan anne, menambah hafalan dengan anne, kemudian murajaah bersama ayah. Namun kesibukan ayah mengajar mahasiswa secara online non stop membuat kami agak kewalahan. Sehingga kegiatan murajaah rutin bersama ayah acapkali terlewat. 

Nama Project : Murajaah Bersama Ayah

Project ini bertujuan untuk merutinkan kembali agenda rutin Mbak Nana melakukan murajaah hafalan kepada Ayah setiap ba`da magrib. Kegiatan murajaah ini tak hanya memberikan manfaat kepada Mbak Nana dalam memperkuat dan mengikat hafalannya, namun juga membangun ikatan emosional yang kuat dan intens Ayah dan Mbak Nana khususnya, juga adik dan Anne. Project murajaah ini juga, melatih pengalaman spiritual Mbak Nana sedini mungkin. Melatih kecerdasan spiritual dan emosionalnya.

Tim Project

Penerima Setoran : Ayah
Peserta : Mbak Nana dan Adik
Sie. Perlengkapan : Anne

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Hari : Kamis, 29 Oktober 2020 
Waktu : Pukul 19.00 WIB
Tempat : Di ruang tengah keluarga
Kegiatan : Murajaah Bersama Ayah

Pelaksanaan dan Kendala


Alhamdulillah, kegiatan ini diawali dengan shalat magrib berjamaah di rumah. Anak-anak dengan tertib ikut serta shalat berjamaah. Ayah menjadi imam shalat, Anne dan anak-anak menjadi makmum. 

Usai shalat Mbak Nana mengambil Juz Ammaa hafalannya, lalu duduk di depan Ayah yang sudah siap menerima murajaah. Adik juga ikut serta duduk menyimak Mbak Nana murajaah dengan tertib. Alhamdulillah kegiatan murajaah berjalan lancar, Mbak Nana bersemangat sekali memurajaah hafalannya. Adik juga tidak tanrum. Duduk menyimak hingga usai.

Anne bertugas mendokumentasikan, memberikan dorongan kepda Mbak Nana, serta menyiapkan apresiasi berupa sosis dan nugget ayam goreng. Sebab Mbak Nana minta dimasakkan nugget. Karena Mbak Nana sudah mengaji dengan tertib, anne pun menyiapkan permintaannya sebagai bentuk apresiasi. Hehe...

Refleski Kegiatan

Kegiatan mengaji ini merupakan benteng pertahanan anak-anak dari dalam rumah. Keterlibatan Ayah secara langsung dalam hal ini memberikan dampak dan efek positif yang luar biasa bagi anak-anak. Tak hanya memberikan asupan perhatian yang cukup, namun juga membangun ikatan emosional dan spiritual yang dalam bagi anak-anak.

Murajaah bersama Ayah, akan memberikan pengalaman spiritual yang begitu mahal dan berharga. Anak-anak semakin tumbuh rasa percaya diri, rasa hormat kepada orang tua, juga rasa cinta dan kasih sayang. Efek positif dari kegiatan ini akan melatih kestabilan emosi anak-anak.

Prosentase Ketercapaian (%)

Alhamdulillah, Mbak Nana menyetorkan hafalannya dengan tenang, tertib, lancar dan suara yang lantang. Adik menyimak hingga usai tanpa rewel. Jika dinilai dengan nilai presentasi ketercapainnya kurang lebih 98%. 











No comments: