Reminder

"Beri aku pelajaran TERSULIT, aku akan BELAJAR" Maryamah Karpov

Wajahku sujud kepada Allah yang menciptakannya, dan yang membuka pendengaran dan penglihatannya

Dengan daya dan kekuatan dari-Nya, maka Maha Suci Allah, Sebaik-baik pencipta

(Tilawah Sajadah)

Monday, October 19, 2020

Mengeja Makna Bersama Kampung Komunitas Ibu Profesional Depok

 Catatan Aliran Rasa Malam Parade Karya Rumbel
#Ibu Profesional Depok 2020


Tidak ada yang sia-sia dari keputusan yang sudah kita ambil insya Allah. Termasuk salah satu diantara keputusan itu adalah memilih bergabung dalam rumah Kampung Komunitas, sebagai salah satu komponen yang ada di Ibu Profesional. Maka selama beberapa kurun waktu/bulan lamanya, hari-hari saya dan anak-anak dipenuhi dengan tugas-tugas yang menggembirakan bersama kampung komunitas Depok.

Banyak hal yang saya pelajari selama berada dibawah payung Kampung Komunitas ini. Salah satunya adalah mengembangkan ketrampilan berempati dengan menjadi pendengar yang baik terhadap orang lain di dunia virtual. Berkumpul dan bertemu banyak kaum Ibu dari berbagai latar belakang; dengan berbagai ragam aktifitas yang berbeda-beda pula.

Dari kampung komunitas ini, setidaknya saya belajar lebih banyak menyimak. Menikmati setiap keseruan yang disajikan oleh teman-teman pengurus mau pun peserta yang bertugas. Dan dengan demikian, saya memiliki kesempatan lebih banyak untuk menyerap ilmu yang ada, belajar menghargai ide dan gagasan, menghormati perbedaan, menyepakati usulan dst.

Apa saja yang telah saya ikuti?

Ada beberapa program yang saya ikuti selama di kampung komunitas di periode Juni-September 2020 ini, antara lain yang telah saya pilih adalah sebb:

1. Challenge of the Week


Ini adalah program pekanan, dimana setiap member membuat berbagai program kegiatan sesuai dengan tema yang diberikan. Dalam kesempatan ini, alhamdulillah saya dapat mengikuti selama 14/15 pekan (3,5 bulan). Tema besar dari challenge yang diberikan oleh KIP adalah Ketahanan Pangan. Ada pun tema-tema kecil setiap pekannya berbeda-beda aktifitas yang bisa dikembangkan.

Alhamdulillah, ada banyak hal yang saya peroleh selama mengikuti kegiatan ini. Mengembangkan banyak ragam aktifitas bersama anak-anak di rumah. Meski keadaan tak selalu ideal, namun saya melihat ada kebahagiann yang bertambah di wajah dan mata anak-anak.

Alhamdulillah, atas karunia Allah pula saya berkesempatan mengikuti setiap kegiatan challenge ini selama 14 pekan full. Motivasi saya mengikuti kegiatan ini adalah menyediakan kegiatan bersama anak-anak dengan sub tema-tema yang sudah disiapkan oleh panitia COTW KIP.

2. Rumbel Menulis IP Depok

Di kampung komunitas, saya memilih salah satu komponen belajar rumbel menulis. Melalui komponen ini saya kembali melatih diri untuk selalu konsisten menyetor tulisan setiap pekannya. Mulanya saya cukup pontang-panting; sebab pada pekan yang sama terkadang saya harus menyiapkan 3 tulisan sekaligus; tulisan COTW, tulisan tantangan menulis rumbel menulis, juga tulisan perkuliahan institut di kelas matrikulasi yang saya ikuti. Disamping tulisan-tulisan di kelas menulis yang saya ikuti.

Berat? Mulanya ada rasa berat, namun dengan segenap tekad alhamdulillah dapat pula terlewati satu persatu tangga mengalahkan zona nyaman pada diri sendiri yang tingginya berlapis-lapis itu. Termasuk kegiatan setoran tulisan setiap pekannya di rumbel menulis ini. Alhamdulillah, bersyukur dapat mengikat tulisan yang cukup sebagai modal mengembangkan naskah tulisan melalui rumbel menulis ini.

3. Saudagar KIPMA Depok

Saya memutuskan untuk bergabung dalam Koperasi Ibu Profesional Depok (KIPMA). Motivasi saya bergabung dalam komponen ini adalah untuk menjaga semangat dalam mengembangkan ketrampilan berwirausaha. Berkumpul dengan sesama anggota yang menggeluti berbagai bisnis. Saya merasa bahagia berada dalam komponen ini meski merasa belum optimal. Meski dalam hal ini tetap berupaya memenuhi setiap program yang diberikan oleh teman-teman pengurus. Namun setidaknya, saya tetap dapat terus belajar mengembangkan potensi dan kekuatan untuk mengembangkan bisnis dari dalam rumah.

4. Ragam Diskusi Kampung Komunitas 


Ada banyak kegiatan daring yang dilakukan di dalam platform WAG Kampung komunitas ini. Mulai dari perkenalan member 2-3 kali setiap pekannya, parade sharing ilmu setiap 2 minggu sekali, juga berbagai materi yang beragam dalam banyak kesempatan. Melalui kegiatan ini telah banyak memberikan input-input tabungan data ide yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Ucapan Terimakasih dan Penutup
Sejujurnya saja, saya mengikuti program-program ini adalah karena termotivasi untuk mengembangka kegiatan bermain bersama anak-anak di rumah. Memanfaatkan tema dasar yang telah disiapkan oleh teman-teman panitia. Maka, tidak menyangka dan tidak pula terlintas jika kemudian panitia memberikan penghargaan ini kepada saya sebagai "pemenang member terbaik rumbel menulis dan kampung komunitas."

Saya merasa masih begitu banyak kekurangan, masih begitu banyak hal yang perlu saya perbaiki dan tingkatkan dari waktu ke waktu. Terimakasih teman-teman pengurus di KIP Depok, yang telah bersusah payah menyiapkan program untuk para anggotanya. Semoga tetap istiqomah dalam membangun batu-bata peradaban, insya Allah.

Depok, 19102020
Evi Marlina

#aliranrasa
#malamparadekaryarumbel
#kampungkomunitasKIPDepok
#IIPDepok2020
























No comments: