Reminder

"Beri aku pelajaran TERSULIT, aku akan BELAJAR" Maryamah Karpov

Wajahku sujud kepada Allah yang menciptakannya, dan yang membuka pendengaran dan penglihatannya

Dengan daya dan kekuatan dari-Nya, maka Maha Suci Allah, Sebaik-baik pencipta

(Tilawah Sajadah)

Thursday, October 29, 2020

Cerdas Emosional dan Spiritual Hari Ke-1; Bingkisan Cinta & Senyum di dalam Buku

 Bingkisan Cinta & Senyum di dalam Buku
Zona 3. Opening Family Project #1


Sejenak, Mengurai Isi Kepala 

Taraaa, masya Allah. Welcome back to my blog my fingers, haha. Baiklah pada kesempatan kali ini akhirnya kita tiba pula di Zona 3 petualangan kelas Bunda Sayang. Iyaaaps, makin seru loh tantangannya dan makin bikin kepala kreatif nyari idee. Ide bisa datang dari sudut mana saja, sebab semakin diasah ketrampilan berfikir semakin banyak pula ide yang berdatangan.

Gitu deh akhirnya pada kesempatan kali ini saya memutuskan untuk melanjutkan family project yang sempat tertunda. Kurang lebih hampir dua pekan lamanya, ahahaha. 

Masya Allah, karena kesibukan ini dan itu; mulai dari melayani pesanan customer, menyiapkan project open PO buku terjemahan suami, berkoordinasi dengan tim marketing penerbit dalam acara bedah buku yang diisi langsung oleh suami, mengkoordinir peserta yang mendaftar lewat akun bisnis @annenajma dan medsos pribadi lainnya, di waktu yang sama pula harus mengkoordinir persiapan finalisasi project E-Magazine IP, daaan agenda rutinan berupa setoran tilawah harian di MJR SJS, menambah setoran hafalan pekanan di markaz Qur`an,  ikut kelas menulis online bla...bla...bla...masya Allah lieur, ahaha. 

Maka pada khirnyaaa, self project menulis buku + permintaan mengkonsep naskah dari  salah satu penerbit dan family project pun akhirnya tertundaaa...sampai benar-benar agak enakan waktunya setelah masa even PO buku terjemahan suami usai. Heuheuheu...lembur beberapa malam euy menginput data pesanan customer yang membludak, masya Allah. Alla kulli hal, alhamdulillah ya Rabb.

Hahaha..Soo, kelas Bunda Sayang menjadi salah satu rumah dan terapi bagi saya untuk berlabuh mengikat semua rencana Self & Family Project dalam planning + action + evaluation + write + reflecton...wuaaah, self healing writing bangeeet kaaan.

Perencanaan; Family Book Donation


Nah, sebagai project pembuka dalam Zona yang keren ini saya memutuskan untuk menuntaskan project keluarga yang tertunda, yaitu "Family Book Donation." Project donasi buku ini, awalnya adalah project bisnis @annenajma berupa berupa donasi buku yang disalurkan kepada yatim dan dhuafa. Qodarullah kesibukan yang tanpa jeda itu, membuat kosentrasi anne teralihkan berfokus pada situasi yang penting dan mendesak. Yaps, karena memang benar-benar waktunya saling berkejaran satu sama lain. Alhamdulillah, akhirnya pagi ini dapat mengeksekusi program ini denganmelibatkan semua tim bekerja sama menyukseskan program Family Book Donation.

Nama Project : Family Book Donation

Tim Project

Pimpinan Project : Anne
Bendahara/donatur : Anne
Perlengkapan : Mbak Nana & Adik
Transportasi : Ayah
Dokumentasi : Ayah

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Hari : Kamis, 29 Oktober 2020
Waktu : Pukul 11.00 - 13.00 WIB
Sasaran Donasi : Yatim Piatu Asuhan Izzati Jannah, Provinsi Jambi

Perlengkapan

1) Kebutuhan donasi: Buku, kardus, pembungkus, gunting, solasiban, kertas, pena, goodiebag.
2) Transportasi berupa motor.
3) Kamera untuk dokumentasi

Pelaksanaan & Kendala


Paket donasi sudah saya siapkan sejak dua pekan lalu bersama Mbak Nana. Namun penempelan nama alamat tujuan belum juga terealisasi. Maka pagi ini pukul 11 saya mengajak Mbak Nana dan adik untuk membantu menyiapkan perlengkapan. Mulai dari mencari solasiban, gunting, kertas. Mbak Nana membantu anne menyiapkan kebutuhan tersebut, memegang solasiban dan mengguntingnya.

Setelah paket donasi buku siap, saya menunggu usai dzuhur. Ayah bertugas mengantar paket buku tersebut ke JNE. Dengan ditemani Mbak Nana, Ayah berangkat usai dzuhur menuju ekspedisi yang lokasinya tidak jauh dari perumahan. Sekaligus berbelanja di warung.


Ayah berangkat ke ekspedisi tepat waktu, sesampai di JNE juga memberi kabar bahwa sudah di lokasi. Anne memantau kabar dari rumah, meastikan bahwa tidak ada kendala proses pengiriman paket. Anne juga meminta Ayah untuk mendokumentasikan proses Mbak Nana membantu dan menemani Ayah di ekspedisi. Ayah memberikan kabar bahwa paket sudah dikirim, dan Ayah pun sudha mengambil foto Mbak Nana. Alhamdulillah mission accomplished.

ALhamdulillah tidak ada kendala yang berarti. Hanya saja pada proses pembungkusan adik agak rewel sebab ingin memegang solasiban dan mengguntingnya sendiri. Mbak Nana terlihat berulangkali berupaya memberi tahu adek bahwa gunting itu berbahaya. Adik mulai rewel dan marah, Mbak Nana tetep kekeuh mempertahankan agar adik tidak memegang gunting sendiri. Akhirnya Anne pun menengahi situasi agar tidak terjadi chaos, huehehehe.

Refleksi

  • Dalam proses ini terlihat sekali bagaimana adik berupaya keras untuk memenuhi keinginannya. Sementara Mbak Nana berupaya mengontrol emosinya tanpa berteriak, dan berupaya memberi penjelasan kepada adik bahwa gunting berbahaya. 
  • Mbak Nana sangat kooperatif membantu anne menyiapkan paket buku, membantu menenangkan adik yang tantrum, juga membantu menemani Ayah mengantarkan paket donasi ke ekspedisi.
  • Ayah sangat kooperatif dalam membantu proses pengiriman paket, juga mematiskan bahwa paket sudah dikirim.
  • Kami akhirnya menutup agenda family project ini dengan membeli ayam panggang yang lokasinya di depan komplek perumahan. Kami menuju pedagang ayam bakar dengan menaiki motor.
  • Alhamdulillah, anak-anak riang gembira melewati hari yang indah ini. Semoga berkah buku-buku yang jumlah tidak seberapa itu untuk adik-adik yatim piatu di kota Jambi sana. Semoga bingkisan cinta dan senyum yang terkirim lewat buku-buku tersebut dapat meringankan kesedihan hati kalian ya Nak. Aamiin allahumma aamiin.
Persentasi Ketercapaian (%)

Alhamdulillah, project donasi buku ini dapat berjalan dengan baik. Tuntas dan terkirim dengan baik. Semua tim bekerja sama saling bahu membahu. Alhamdulillah.

Evi Marlina
Depok, 29 Oktober 2020

No comments: