Reminder

"Beri aku pelajaran TERSULIT, aku akan BELAJAR" Maryamah Karpov

Wajahku sujud kepada Allah yang menciptakannya, dan yang membuka pendengaran dan penglihatannya

Dengan daya dan kekuatan dari-Nya, maka Maha Suci Allah, Sebaik-baik pencipta

(Tilawah Sajadah)

Saturday, October 10, 2020

Melatih Kemandirian Anak Hari Ke-10; Aku Bisa Memakai Baju Sendiri

 Aku Bisa Memakai Baju Sendiri
Zona 2. Melatih Kemandirian Anak #10

Session 3 hari ke-10
Ketrampilan : Aku Bisa Memakai Baju Sendiri

Hari ini dimulai dengan kegiatan Mbak Nana di pagi hari, yakni rutinitas mandi pagi seblum sarapan. Kegiatan mandi pagi sudah menjadi kebiasaan anak-anak, sebelum memulai aktifitas di siang hari. Seperti biasa, hari ini Mbak Nana mandi pagi tanpa bantuan anne. Sudah lama Mbak Nana menolak bantuan anne ketika mandi. 

"Mbak Nana sudah mandiri," katanya. Okelah, saya pun memberikan kesempatan kepada Mbak Nana untuk belajar mandi dan meyiapkan paginya dengan mandiri.

Tampak senang sekali Mbak Nana menggunakan tiket izin mandi sendiri dari anne. Mbak Nana dapat bermain air yang di isi dengan sabun tanpa ada yang menggesanya. Mbak Nana juga dapat menyikat  gigi dengan leluasa. Tentu saja sepaket dengan kegiatan bermain air bersama adik.

Usai mandi, dengan segera pula anne menuju lemari pakaiannya. Dengan cepat Mbak Nana berteriak dan menolak bantuan anne, "anne jangan, Mbak Nana sudah bisa ambil pakaian sendiri," kata Mbak Nana menolak pertolongan anne. 

Hmm, okelah anne pun hanya mengamati gadis kecil ini perlahan-lahan tumbuh semakin percaya diri. Hingga usai aktifitas memakai baju sendiri, Mbak Nana tidak meminta pertolongan anne. Tampaklah puas dari raut wajahnya penuh gembira. Alhamdulillah.

Strong Why. Mengapa Melatih Memakai Baju Sendiri?

Melatih mengenakan pakaian tak hanya mengajarkan kemandirian anak untuk menyelesaikan hal yang berhubungan diri sendiri, namun juga melatih gross motor anak, mengenalkan konsep kanan dan kiri, depan dan belakang. 

Lengan tangan kanan untuk bagian tangan kanan, lengan kiri untuk tangan bagian kiri. Kaos yang ada gambarnya adalah bagian depan, dan yang polos bagiab belakang. Melatihnya bagaimana memasukkan lubang kaos ke leher dst. 

Strategi Untuk Melatih Kemandirian Memakai Baju Sendiri

Beberapa strategi yang saya siapkan agar Mbak Nana dapat belajar menyiapkan dan memakai pakaiannya sendiri.

1. Menyediakan lemari pakaian yang mudah di akses dan dapat dijangkau dengan Mbak Nana. Lemari ini juga dilengkapi dengan laci dan cermin. Mbak Nana dapat belar menyisir rambut dengan melihat cermin.

2. Memberikan contoh dan memandu bagaimana cara memakainya.

3. Memberikan waktu dan kesempatan yang cukup Mbak Nana untuk dapat menyelsaikan tugasnya memakai pakaian sendiri.

3. Menyemangati Mbak Nana, ketika ia menemui kesulitan memasukkan leher kebagian lubang leher baju.

4. Memberikan peghargaan karena telah berusaha sebaik mungkin untuk dapat memakai bajunya.

Sukses Apa Aku Hari Ini? Mbak Nana hari ini berhasil memakai seluruh komponen pakaiannya tanpa bantuan anne sama sekali. Mulai dari pakaian dalam, celana panjang, dan kaos oblong. 

Rasaku Hari Ini; Masya Allah, alangkah senang hati saya dan suami saat Mbak Nana menunjukka keberhasilannya memakai pakaiannya.

Respon Ananda; puas, tertawa riang gembira.

Evi Marlina
Depok, 10/10/2020
10/10/2020 21:29:25

#harike-10
#tantangan15hari 
#zona2kemandirian 
#pantaibentangpetualang 
#institutibuprofesional 
#petualangbahagia

Note : Malam ini saya sungguh tidak kuasa menahan mata yang sangat mengantuk berat sejak lepas magrib. Sebab sejak subuh menyiapkan setoran hafalan dan merekap data orderan buku yang banjir hingga jelang magrib. Alla kulli hal. alhamdulillah. 

Referensi

Foto: Dressing skill: https://id.pinterest.com/
http://mamaot.com/when-do-kids-learn-to-dress-themselves-developmental-progression-of-self-dressing-skills/
https://www.anxioustoddlers.com/teach-kids-to-dress/#.X4G8hsIza1s



No comments: