Reminder

"Beri aku pelajaran TERSULIT, aku akan BELAJAR" Maryamah Karpov

Wajahku sujud kepada Allah yang menciptakannya, dan yang membuka pendengaran dan penglihatannya

Dengan daya dan kekuatan dari-Nya, maka Maha Suci Allah, Sebaik-baik pencipta

(Tilawah Sajadah)

Wednesday, October 7, 2020

Melatih Kemandirian Anak Hari Ke-7; Adik Bisa Memakai Sandal

 Adik Bisa Memakai Sandal

Zona 2. Melatih Kemandirian Anak #7

Foto : Dokumen Pribadi

Semenjak Ayah membelikan sandal baru untuk adik beberapa bulan yang lalu, adik gencar sekali belajar memakai sandal. Mulanya dengan bantuan anne adik meminta tolong untuk dipakaikan sandalnya, namun kemudian perlahan-lahan adik belajar memakai sandal sendiri. Kaki-kaki mungilnya yang masih halus itu belum bisa menjepit leher sandal, alhasil sandal pun akan segera mudah lepas. Dan dengan itu adik menjadi kesal dan menangis. Hehehe.

Perkembangan motorik adik pada usianya yang ke-20 bulan ini memang cukup atau sangat bagus. Adik sudah bisa berjalan jejak, berlari kencang, naik ke meja dan kursi, melompat-lompat di atas kasur, sudah bisa duduk sendiri di kursi boncengan sepeda, sudah bisa menaiki tangga yang tinggi, dll. Dengan perkembangan motorik kasar yang sangat bagus ini menjadi modal untuk melatih adik dengan ketrampilan yang berhubungan dengan dirinya sendiri, yakni Self Care Skill atau Self Help Skill, yakni ketrampilan menolong diri sendiri. 

Session 2. Hari ke-7
Ketrampilan: Melatih Kemandirian Memakai Sandal Sendiri untuk Adik  (20 bulan) 


Ini adalah hari ke-3 saya melatih kemandirian session 2 untuk adik. Hari ini saya memilih ketrampilan memakai sandal sendiri untuk adik. Sudah beberapa bulan terakhir ini adik sedang gandrung-gandrungnya memakai sandal. Biasanya saya memakainkan sepatu untuk aktivitas di luar rumah. Namun kemudian saya mencoba membelikan sandal untuk digunakan adik latihan berjalan. 

Beberapa bulan yang lalu adik memakainya dengan bantuan anne. Yaitu dengan cara dipakaiankan, anne memandu pelan-pelan bagaimana cara memakainya. Meski sandal itu tidak bertahan lama, sebab jempol kaki adik belum bisa menjepitnya. Alhasil sandal adik jadi mudah lepas. Anne sudah coba beri tali karet bagian belakang agar tidak mudah lepas, tapi adik menolak.

Beberapa minggu terakhir ini adik bertambah gencar. Bangun tidur segera mengambil sandalnya, lalu tanpa meminta bantuan adik berusaha memakainya. 

Biasanya adik menyerahkan sandal pada anne, meminta tolong anne untuk memakaikan, namun sudah beberapa minngu tearakhir ini anne perhatikan adik mulai memasukkan kakinya sendiri ke sandalnya yang berwarna coklat itu.


Strong Why. Mengapa Melatih Adik Memakai Sandal Sendiri?


Memberikan adik kesempatan untuk melakukan ketrampilan menolong diri sendiri, memiliki peran yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan adik. Berbagai strategi dan usaha yang kita lakukan, dalam upaya mendorong dan menstimulus anak melakukan keterampilan menolong diri sendiri adalah cara yang tepat untuk membantu menstimulus kemandirian anak.

Memberikan latihan kepada adik untuk melatih ketrampilan menolong diri sendiri akan membangun rasa tanggung jawab adik terhadap dirinya sendiri, juga menumbuhkan perasaan dipercaya oleh orang tua. Rasa percaya diri inilah yang kemudian akan memunculkan kemandirian pada anak.

Strategi Untuk Melatih Kemandirian Memakai Sandal Sendiri

Berikut beberapa strategi yang saya lakukan di rumah untuk melatih adik memakai sandal sendiri.


1. Membelikan sandal sesuai dengan ukuran adik. Sandal yang ringan dan mudah bagi adik untuk memasukkan kakinya ke tubuh sandal.
2. Membelikan sandal dengan gambar yang menarik perhatian adik. Dsini saya membelikan sandal dengan gambar si Tung-tung, seekor monyet kecil. Tokog karakter monyet kecil yang mudah di ingat adik. Tung-tung.
3. Melatih adik bagaimana menggunakan sandal tersebut. Membimbing dan mengajarinya secara perlahan.
4. Memotivasi dan memberi adik semangat saat ia berusaha berjalan dengan menggunakan sandalnya.
5. Memberikan penghargaan adik dengan mengucapkan "masya Allah, karena berusaha adik bisa memakai sandal sendiri."
6. Memberi hadiah berupa kecupan dan pelukan saat adik berhasil melangkah dengan memakai sandalnya.

Sukses Apa Aku Hari Ini?

Alhamdulillah, dari hari ke hari adik semakin trampil memakai sandal secara mandiri, meski masih sering terbalik sandalnya. Tantrum adik juga semakin berkurang saat ia kesulitan memakai sandal. Saat baru pertama kali di latih biasanya adik langsung kesal dan berguling-guling, namun sudah beberapa minggu terakhir ini adik sudah sangat jarang tantrum ketika sudah berhasil memakainya, termasuk sore kemaren dan pagi ini.

Tantanganku hari ini

Melatih adik untuk dapat memakai sandal tidak terbalik.

Rasaku Hari Ini; alhamdulillah selalu bersyukur dan gembira setiap kali adik berusaha untuk melatih dirinya memakai sandal. 

Respon Ananda; puas, tertawa riang gembira.

Evi Marlina
Depok, 07/10/2020
07/10/2020 12:37:24

#harike-7
#tantangan15hari 
#zona2kemandirian 
#pantaibentangpetualang 
#institutibuprofesional 
#petualangbahagia

Referensi :

https://www.positiveparentingconnection.net/giant-list-of-self-care-skills-for-babiestoddlers-and-preschoolers/











 

No comments: