Reminder

"Beri aku pelajaran TERSULIT, aku akan BELAJAR" Maryamah Karpov

Wajahku sujud kepada Allah yang menciptakannya, dan yang membuka pendengaran dan penglihatannya

Dengan daya dan kekuatan dari-Nya, maka Maha Suci Allah, Sebaik-baik pencipta

(Tilawah Sajadah)

Sunday, November 1, 2020

Cerdas Emosional dan Spiritual Hari Ke-4; Magrib Berjamaah Bersama Ayah

 Magrib Berjamaah Bersama Ayah
Zona 3. Family Project #4 Anne & Ayah Sahabat Terbaik keluarga

FreeQuranEducation, Mar 25, 2017

Perencanaan

Magrib ini kami shalat berjamaah di rumah bersama Ayah. Kebetulan nyaris seharian Depok hujan. Alhasil Ayah pun shalat di rumah. Yeay, saatnya shalat berjamaah bersama Ayah. Anak-anak pun menyambut dengan riang gembira. Meski mulanya Mbak Nana dan Adik sedang asyik-asyiknya bermain sepeda di ruang tengah. Tak hendak beranjak pula meninggalkan sepedanya. Namun kemudian setelah Ayah mengumumkan akan shalat berjamaah, bergegaslah Mbak Nana dan Adik turun dari sepeda.

"Siapa yang mau membantu Anne menyiapkan sajadah?"

Nama Project : Magrib Berjamaah Bersama Ayah

Project ini bertujuan untuk mengenalkan dan membentuk kebiasaan Mbak Nana dan adik untuk belajar shalat dan mengenal waktu shalat. Shalat Magrib merupakan salah satu shalat yang biasa dilatih dan dikenalkan kepada Mbak Nana dan Adik, selain shalat Dzuhur. Waktu Magrib adalah waktu yang ideal buat anak-anak belajar shalat dan mengaji Al-Qur`an bersama AYah.

Selain tujuan tersebut di atas, juga bertujuan semakin menguatkan ikatan kedekatan antar sesama anggota keluarga. 

Tim Project

Imam Shalat : Ayah
Makmum : Mbak Nana, Adik, Anne
Sie. Perlengkapan : Anne dan Mbak Nana

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Hari : Ahad, 1 November 2020 
Waktu : Pukul 18.40 WIB
Tempat : Di ruang tengah keluarga
Kegiatan : Magrib Berjamaah Bersama Ayah

Pelaksanaan dan Kendala


Meski mulanya anak-anak agak berat meninggalkan sepeda mereka, namun akhirnya setelah bernegosiasi Mbak Nana dan Adik ikut serta shalat Magrib berjamaah. Mbak Nana dapat mengikuti kegiatan shalat Magrib hingga tuntas, sementara adik bersedia ikut serta shalat berjamaah namun dengan tetap membawa sepedanya ikut shalat. Akhirnya adik pun shalat dengan duduk di kursi sepeda. Hehehe.

Refleski Kegiatan

Anak-anak mengikuti kegiatan ini dengan antusias. Ayah menajdi imam dengan bacaan surat yang juga dimaksudkan agar Anne dapat menyimak dan memurajaah sekaligus. "Ayah akan baca dua surat hafalan kamu yang yang ini ya," kata suami sebelum shalat berlangsung. 

Melalui kegiatan shalat berjamaah ini tak hanya melatih kepekaan spiritual anak, namun juga membangun ikatan emosional yang kuat antar keluarga. Selain dari pada itu yang paling penting adalah melatih anak untuk belajar berdoa dan mengenalkan kepada Allah, yang Menciptakan semua makhluk. Termasuk  Mbak Nana dan Adik yang terlahir ke dunia, adalah karena Allah yang menciptakan. 

Prosentase Ketercapaian (%)

Alhamdulillah, Mbak Nana dan adik kooperatif mengikuti kegiatan shalat berjamaah. Meski negosiasu awal cukup alot, sebab sedang seru-serunya bermain sepeda, namun akhirnya anak-anak mengikuti kegiatan shalat dengan penuh khidmat. Nilai presentasinya, 98%.

No comments: