Reminder

"Beri aku pelajaran TERSULIT, aku akan BELAJAR" Maryamah Karpov

Wajahku sujud kepada Allah yang menciptakannya, dan yang membuka pendengaran dan penglihatannya

Dengan daya dan kekuatan dari-Nya, maka Maha Suci Allah, Sebaik-baik pencipta

(Tilawah Sajadah)

Wednesday, November 20, 2013

*pojok psikology and konseling 'Setiap hari adalah kejutan'

For My Future Students
Setiap hari adalah kejutan
================
Saya sedang duduk di meja ruang tengah asrama. Bermaksud melanjutkan mengetik sebuah rancangan konsep sebuah sekolah. Ada hal yang menarik hati saya ketika menekuni metode pengajaran kelas sebuah sekolah yang menjadi best reference education school in the world. FINLANDIA. Agaknya kita patut dan boleh saya katakan it is a must to learn and adapt the education system of Finlandia in to our education system. Bukan hal yang berlebihan jika kita pun menginginkan sebuah desain pembelajaran dan sistem pendidikan yang telah berhasil mereka terapkan.

Beberapa menit yang lalu saya menyelesaikan beberapa short movie kisah guru yang selalu memberikan kejutan kepada siswanya setiap hari. Menjadikan kelas bak laboratorium bawah laut yang menyimpan sejuta rahasia, menjadikan kelas bak ruang angkasa yang menyimpan milyaran misteri. Membuat siswa-siswinya bak sedang bermain tebak-tebakan pada permainan ular tangga. Hari ini akan ada kejutan apa di kelas. 

Guru yang menghabiskan waktunya untuk siswa-siswinya. Maka pantaslah jika ia patut menjadi lilin yang sebenar-benar lilin. Menerangi siswa dan membakar dirinya sendiri. Agaknya bermakna negatif membakar diri sendiri. Maka seadanya bagaimana guru membakar waktunya untuk siswanya, membakar energi dan fikirannya secara penuh untuk siswanya. Membakar tenaga dan kehidupannya untuk murid-muridnya. Life is teaching, life is children future. 

Sebuah sistem bagaimana pendidikan FINLANDIA mendefinisakan seorang guru. Menempatkan guru-guru terbaik pada setiap jenjang level pendidikan. Mari bersama kita cermati bagaimana mereka menerjemahkan seorang pendidik.

“Being a teacher is not only teaching. It is not simple having a teacher in classroom. You sit in the school and you have to sit in the real. People are engage in problem solving not in winning the arguments. How can we all together to help children. They assumed that the teacher should be the child center of system.” [reference from youtube] 

“Menjadi seorang guru bukan hanya tentang mengajar. Bukan hal yang sederhana menjadi guru di sebuah kelas. Kamu duduk di sekolah dan harus mendefinisikan dudukmu dengan nyata. Guru harus terlibat penuh dalam menyelesaikan masalah dan bukan memenangkan perdebatan. Bagaimana kita semua mampu membantu siswa. Karena mereka berasumsi bahwa guru hendaknya menjadi pusat dari sistem siswa.”

Maka titik poin terpenting dalam catatan kecil saya ini adalah bahwa guru merupakan center dari desain pendidikan itu sendiri. Bagaimana anak-anak didik kelak tumbuh dan menjadi adalah berpusat pada guru. Jika ada murid yang dikatakan nakal, bodoh, tidak bermoral dan sebagainya, maka sudah semestinya fungsi dan tugas seorang guru adalah sebagai penolong “People are engage in problem solving not in winning the arguments. How can we all together to help children.” So...lets design your students. Selamat mendesain siswa-siswa kita dan jadikan Setiap hari adalah kejutan bagi mereka.

Wa’llahu ‘alam bishowab
Salam Sakura RT, Turkey 20 November 2013
everything about just visit my web blog 
http://sakuraromawitimur.blogspot.com/
Reference : http://www.youtube.com/watch?v=0__9s3A2pcA


No comments: