Reminder

"Beri aku pelajaran TERSULIT, aku akan BELAJAR" Maryamah Karpov

Wajahku sujud kepada Allah yang menciptakannya, dan yang membuka pendengaran dan penglihatannya

Dengan daya dan kekuatan dari-Nya, maka Maha Suci Allah, Sebaik-baik pencipta

(Tilawah Sajadah)

Monday, November 18, 2013

Euforia Study di LUAR NEGERI Yang KEREN mana?

Yang keren tidak harus di luar negeri. Indonesia juga memiliki segudang kampus keren yang kompetensinya juga tidak kalah keren dengan kampus dan sekolah-sekolah di luar negeri. Sebut saja kampus seperti ITB, ITS, UGM, UI, IPB dan kampus-kampus lain seperti kampus swasta dan institut berkelas dunia setingkat Ciputra yang juga tidak kalah bersaing pun puluhan institusi swasta yang tidak tersebutkan satu persatu. Kampus-kampus tanah air tetaplah bisa menjadi alternatif dan pilihan utama untuk melanjutkan study. Tidak semua melulu harus di Luar Negeri.

Kuliah di Luar Negeri memang terdengar hebat dan wah. Tapi tidaklah semua seperti indahnya di mata kita. Orang bilang rumput tetangga memang terlihat selalu lebih hijau. Selagi kita memiliki kesempatan untuk menempuh pendidikan di luar negeri tentu saja itu baik dan membuka peluang kesempatan yang lebih besar bagi kita untuk berkembang lebih luas, membangun jaringan lebih besar, dan mengenal ribuan kultur yang tidak bisa kita beli dengan belajar di tanah air.

Namun meskipun begitu. Melanjutkan studi di luar negeri bukanlah hal yang mutlak. Masih banyak kampus keren dan hebat di Indonesia yang tidak hanya bisa kita sambangi ilmu dan para gurunya. Kampus-kampus di Indonesia tidak kalah bersaing di tingkat dunia. Mahasiswanya juga hebat dan mampu bersaing dalam tataran Internasional mengalahkan kampus-kampus besar nomer wahid dunia. Sebut saja kisah Shofwan al-banna choiruzzad yang notabenenya lulusan kampus UI Indonesia, dimana tahun 2009 berhasil menjadi juara dunia pada kompetisi internasional Ekonomi Global di swiss. Bahkan mengalahkan peserta Harvard University sekalipun. Pun melenggang menggugurkan 200 peserta terbaik lainnya dari seluruh dunia.   

Ini hanya satu contoh dari sekian banyak gelombang contoh prestasi yang berhasil di pertarungkan oleh teman-teman kampus di Indonesia. Betapa kampus-kampus di Indonesia juga mampu bersaing dalam skala Internasional. Mencetak generasi-genarasi unggul yang berhasil membangun perusahaan-perusahaan besar. Lihatlah bagaimana kampus-kampus di Indonesia yang saat ini bergeliat mengembangkan ratusan program bagi masyarakat. Mereka terjun dan terlibat penuh masuk ke dalam pelosok-pelosok kampung kecil. Membangun komunitas, menggerakkan masyarakat, menghidupkan kegiatan perdusunan kecil. Lulusan dari manakah mereka semua ini? Tidak lain adalah teman-teman lulusan Kampus Indonesia, baik swasta mau pun negeri.

Lah untuk apa tulisan saya ini?

Tujuan tulisan saya sederhana. Baik kuliah di luar negeri mau pun tanah air itu sama-sama memiliki keunggulan masing-masing. Saya hanya tidak ingin teman-teman berEuforia melanjutkan studi di Luar Negeri hingga melupakan niat dan values dari menuntut ilmu itu sendiri. Karena yang terpenting adalah “bersih dan lurusnya” niat kita dalam menuntut ilmu. Dimana pun itu tempatnya.

"Barang siapa menempuh jalan guna mencari Ilmu, maka Alloh memudahkan
baginya jalan menuju surga." ( HR Muslim )
wa'llahu 'alam bishowab

Salam..

Sakura RT, Turkey 18 November 2013
about Turkish Schoolarship just visit my blog

No comments: