Mbak Nana Gembira Sekali Hari Ini
Zona 1; Komunikasi Produktif 5
Alhamdulillah, hari ini telah memasuki hari ke-5. Tidak terasa hampir genap satu pekan. Menjalani malam-malam dengan membuat laporan. Mulai menikmati rutinitas mengetik ini. Menuliskan temuan-temuan yang menyenangkan di sepanjang siang.
Alhamdulillah, anak-anak sudah tidur dari usai magrib. Alla kulli hal, akhirnya anne pun punya kesempatan mengetik lebih lapang. Alhamdulillah.
Tentang temuan hari ini, adalah temua yang temanya sudah anne rencanakan sejak kmaren malam. Sehingga anne bisa berfokus terhadap target yang ingin dicapai.
Kali ini adalah mengganti kalimat interogasi dengan kalimat observasi. Hal ini cukup membuat anak-anak fokus dan betah menyimak kisah anne hingga tuntas. Yuk, simak beberapa temuan anne hari ini:
Temuan #1
Anne bangun agak kesiangan pagi ini, pukul 04.45 WIB. Agak kecapean karena tidur agak larut. Bangun agak tergesa-gesa, syukurnya sedang tidak shalat. Segera ke kamar mandi, gosok gigi dan ambil wudhu. Siap-siap tilawah dan matsurat.
Rupanya, tilawah pagi ini tak senikmat hari biasa. Adik bangun pukul 05:30 dan menangis minta digendong. Setelah usai sibuklah ia membongkar-bongkar lemari dan mencari buku. Sementara anne tilawah dengan perasaan yang gelisah, sebab mesti tak lama lagi adek akan merengek minta dibacain buku, sementara belum rampung 1 juz tilawah anne.
Dengan perasaan deg-degan anne membaca tilawah, dan benar saja. Sejulur jari-jari mungil sudah mendarat di wajah anne lengkap dengan buku tipis ditangan.
"Cain...cain....," kata adek minta dibacain buku.
"Adek, insya Allah setelah tilawah anne akan bacakan buku buat adek ya," kata anne berusaha setenang mungkin.
Tak tik tuk...duarrr. Meledaklah suara tangis adik di pagi buta. Hadeeeh, terlambat bangun sedikit saja bisa berkepanjangan akibatnya nih. Gerutu anne dalam hati.
Anne bujuk-bujuklah di adek agar tenang. Namun tetap saja tangannya mengulurkan buku.
Saya raih bukku berjudul "ngiiing...ngiiing....nyamuk terbang," saya bacakan judul covernya saja. Adik masih menangis. Hingga akhirnya baru tenang setelah anne bujuk dengan melihat ikan-ikan kecil dalam akuarium mini.
"Adek, coba lihat ini ikan kecil," kata anne.
"Ikaan...ikaan...ikan...," suara adek menyebut-nyebut nama ikan. Sibuk matanya memperhatikan ikan.
Segera anne melanjutkan tilawah, dapat beberapa menit saja dapat dimanfaatkan untuk menambah halaman hafalan.
Tak lama kemudian, adik datang dalam keadaan baju bagia depan terkena air. Tangannya dicipak-cipukkan ke dalam baskom yang berisi ikan.
Huft...anne menarik nafas. Lalu ke lemari mengambil kaos dan celana untuk adik.
"Adeek, ganti baju dulu yuk," bujuk anne.
"Ndak au," jawab adek singkat.
"Adek bajunya basah. Ganti baju yuk biar anget badannya," pinta nne lagi
"Ndak au," jawabnya disertai tawa. Nampaklah gigi-giginya yang mungil.
"Coba deh lihat ini, anne bawa baju gambar si utung," rayu anne dengan memperlihatkan gambar pada bajunya. Seekor gambar monkey imut.
"Utung," respon adek.
"Tuu...ya kaan...ini gambar si Utung. Kayak buku adek si lutung kasarung," kata anne, mengaitkan dengan salah satu buku kesukaan adek.
Adek berlari mendekat ke anne. "Utung kasayung," terdengar suaranya menirukan bunyi bacaan salah satu buku kesukaan adek, "Lika, Si Belang dari Batukaru," sebuah buku cerita persahabatan harimau putih dengan hewan-hewan di hutan Batukaru.
Akhirnya anne menggantikan baju adek dengan tenang. Tanpa tangisan dan tanpa tantrum.
"Alhamdulillah, adek gembira sekali ya pagi ini. Coba bagi cerita gembira?" Kata anne dengan wajah dan suaranya riang gembira.
"anne..." kata adek sembari memeluk anne.
"Sayang...."
***
Temuan #2
Anak-anak sudah sarapan. Anne sudah berjanji bahwa akan membacakan sebuah cerita jika mereka telah menyelesaikan sarapan dengan tertib. Anne juga akan mengajak bermain peran sekolah-sekolahan.
Anne bertugas menjadi guru, Mbak Nana dan adik sebagai murid.
Kami sudah menyusun ruang kelas. Mbak Nana dan adik sudah duduk rapi bersiap menyiap cerita dari anne.
"Bailah murid-murid, apakah semuanya sudah siap?" tanya anne.
"Siaap," jawab Mbak Nana, yang kemudian di ikuti oleh adek.
"Oke, karena murid-murid sudah makan dengan tertib hari ini, maka Guru anne akan membacakan sebuah cerita hari ini. Emm...tapi cerita apa ya?" kata anne sembari berfikir.
"Cerita Nabi Yunus," seru Mbak Nana sambil mengangkat tangannya tinggi-tinggi.
"Okee, boleh kisah Nabi Yunus. Bolehkah Ibu guru anne minta tolong diambikan bukunya ?" pinta anne pada Mbak Nana.
Mbak Nana beranjak dengan cepat dari kursinya lalu mencari buku yanng dimaksud dengan cepat.
"Siap Ibu guru, murid sudah menemukan buku Yunus," kata Mbak Nana menyerahkan buku cerita itu kepada anne.
Akhirnya anne pun membacakan buku cerita kisah nabi yunus.
Anne : "Anne akan bercerita tentang kisah Nabi...? Nabi apa?"
Nana : " Nabu Yunus,"
Anne : "Nabi Yunus alaihi salam. Siapa yang tahu kisah tentang Nabi Yunus a.s?"
Nana : "Sayaa," menjawab dengan suara lantang disertai tangan kanan diangkat keatas.
Anne : "Sepertinya hari ini Mbak Nana bergembira sekali. Apakah karena ingin bercerita tentang Nabi Yunus?"
Nana : "Iyaaa,"
Anne : "Okee, coba anne ingin dengar. Coba bercerita sebentar.
Mbak Nana pun akhirnya bercerita lengkap tentang kisah Nabi Yunus. Untuk melihat video rekaman hasil presentasi cerita Mbak Nana tentang Nabi Yunus silahkan akses link berikut https://youtu.be/5asrMTrKWkM
Usai mempresentasikan cerita tentang Nabi Yunus.
Anne : "Masya Allah...Mbak Nana dan Adek hari ini tampak gembira sekali. Adek juga gembira (menatap adek)"
Adek : "iyaaa,"
Anne : "Mbak Nana, katanya adek juga gembira pagi ini,"
Alla kulli hal, alhamdulillah untuk hari ini ya Allah. Atas segala kemudahan dan suka duka yang dilewati pada hari ini. Insya Allah berkah.
Poin Komunikasi Observasi
Setelah menyimak Mbak Nana sebagai brainstorming cerita, juga sebagai latihan anne untuk membuiasakan mengganti kalimat interogasi menjadi kalimat observasi. Misalnya;
"Sepertinya hari ini Mbak Nana bergembira sekali. Apakah karena ingin bercerita tentang Nabi Yunus?"
Pada dasarnya ada maksud yang ingin dicapai anne, agar Mbak Nana mau bercerita dengan senang hati. Maka anne mngubah kata perintah menjadi kalimat observasi.
Bintangku Hari ini: 4 Bintang. sebab masih ada bagian kalimat yang belum pas.
Rencana esok hari : Mengganti kalimat interogai dengan kallimat observasi.
Depok, 7/9/'20
Sumber Referensi
E-book Komunikasi Produktif Materi Kelas Bunda Sayang Sesi #1 Institut Ibu Profesional
#hari ke-5
#tantangan15hari
#zona1komprod
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia
No comments:
Post a Comment