Reminder

"Beri aku pelajaran TERSULIT, aku akan BELAJAR" Maryamah Karpov

Wajahku sujud kepada Allah yang menciptakannya, dan yang membuka pendengaran dan penglihatannya

Dengan daya dan kekuatan dari-Nya, maka Maha Suci Allah, Sebaik-baik pencipta

(Tilawah Sajadah)

Monday, September 14, 2020

Komunikasi Produktif Hari Ke-12; Terimakasih Adek

 Terimakasih Adek... 

Zona 1; Komunikasi Produktif #12


Sumber foto : https://islamicportal.co.uk

Subuh yang selalu memberikan energi bagi jiwa dan fikiran. Mengisi kantung-kantung hati dengan energi yang dipancarkan Rabb di pagi bernama subuh.

Pagi ini adek bangun pukul 05:30 pagi. Hari masih gelap, belum lagi ada cahaya pagi yang singgah di bumi. Bayi berpipi putih itu sudah sibuk membongkar lemari buku. Menariki buku yang menarik perhatiannya.

Anne tengah tilawah dengan kantuk yang tak kalah hebat. Usai subuh begini memang nikmatnya kembali tidur. Tapi, apalah daya sepertinya menyelesaikan perkara dapur lebih awal itu pilihan yang rasional untuk hari ini, ehehe.

Adek menyembul dari pintu kamar. Tumben sekali bangun di subuh buta tanpa tangisan. keluar dari kamar tanpa menoleh ke anne, melenggang menuju rak buku. Lalu duduk di kursi hello kitty milik Mbak Nana. Tangannya menggapai-gapai buku yang diharapkannya.

Anne hanya melirik-lirik, tidak menyapa pula. Sebab biasanya jika anne sudah menyapa keadaan akan berubah, mendadak gaduh di pagi buta. Maka anne tetap melanjutkan tilawah dengan tanpa memanggil adek.

Usai tilawah masih dengan fikiran yang termenung-menung kesana kemari, tiba-tiba sebuah tangan mungil menyentuh pipi kanan anne. 

"Epas...epas..." suara adek tepat di telinga kanan anne. 

Anne menolehkan kepala, adik menyerahkan sebuah buku papan dengan gambar bebek yang tengah berenang di sebuah danau. Lengkap dengan gambar katak hijau di atas daun lompongan.

"Apa Dek?" tanya anne lagi.

"Epas..." kata adek menjelaskan.

"Ooalah, bukunya lepas ya Dek," kata anne. 

Adek mengangguk. Rupanya adik mengambil buku yang covernya sudah lepas rekatan lemnya. Buku yang dibeli di even bazar buku import BBW 2019. Saat itu adek masih berusia genap 40 hari, masih merah.

"Adek mau baca buku ini?" tanya anne ke adek lagi.

"Iyak, bebek, epas" jawab adek

"Iya bukunya lepas ya Dek, insya Allah nanti siang kita perbaiki ya dek," jawab anne.

Ya, buku-buku anak-anak di rumah anne yang rutin mengatur dan merapikan. Termasuk bila ada buku robek, atau ada yang terlepas maka anne yang memperbaiki buku tersebut.

Adek mengembalikan buku setelah membaca buku

"Epas, epas," suara adek masih memohon, menyerahkan buku papan berbahan kertas keras pada anne. 

"Lepas ya Dek, insya Allah nanti siang kita perbaiki ya Dek. Sekarang anne boleh minta tolong bukunya disimpan dulu di dalam lemari ya," 

Adek mengangguk, lalu berjalan menuju rak buku kecil, menaruh kembali buku bebek di rak bagian atas. 

Lalu badannya berbalik menghadap anne, menyusul suara tepuk tangan dari tangan kecilnya, bersuka cita.

"Masya Allah, terimakasih adek. Sudah menyimpan bukunya di lemari adek. Terimakasih ya Dek," anne memeluk dan mencium adek. Adek tampak puas sekali. 

Poin Komunikasi Produktif Hari Ini

Berikut merupakan beberapa poin-poin komunikasi produktif hari ini;

1. KISS, menyampaikan pesan atau pertanyaan dengan kalimat yang sederhana dan singkat, menyesuaikan dengan usai anak. Dimana dalam hal ini adek berusia 19 bulan. Alhamdulillah adek sudah banyak memahami instruksi sederhana. 

2.Menjaga Intonasi suara 7-38-55
Dalam hal ini, anne berupaya dengan tetap menjaga intonasi yang tenang dalam melayani adek. 7 persan kalimat verba, 38 intonasi dan 55 bahasa tubuh. 

3. Jelas dalam memberikan pujian, yakni anne memberikan pujian berupa penghargaan atas aksinya menyimpan buku kembali pada tempatnya.

Berapa Bintangku hari Ini

Alhamdulillah, anne memberikan apresiasi 5 bintang untuk hari ini. Adek dapat bekerjasama dan dapat memahami instruksi anne dengan sangat baik. 

Evi Marlina
Depok, 14/9/'20
Pukul  22:46 WIB

Referensi:

E-book Komunikasi Produktif Materi Kelas Bunda Sayang Sesi #1 Institut Ibu Profesional

#hari ke-12
#tantangan15hari
#zona1komprod
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia
#bundasayangiipbatch6     












No comments: