Reminder

"Beri aku pelajaran TERSULIT, aku akan BELAJAR" Maryamah Karpov

Wajahku sujud kepada Allah yang menciptakannya, dan yang membuka pendengaran dan penglihatannya

Dengan daya dan kekuatan dari-Nya, maka Maha Suci Allah, Sebaik-baik pencipta

(Tilawah Sajadah)

Saturday, October 26, 2013

am I a teen?

Am I a teen?
Apakah aku seorang Remaja?

=========


========

Entah berapa derajat suhu dı luar sana. Aku sungguh tidak berminat untuk sekedar mengintipnya meski lewat internet notbukku sekali pun.Tapi yang ku ingat hari Kamis lalu, kalender informasi tren bawah tanah menginformasikan bahwa 1 derajat dengan sedikit awan tebal untuk hari Jum'at. Mungkin malam ini mencapai NOL derajat atau mungkin MINUS.

Menjelang rampung shalat magrib hidung sudah tidak kondusif. Aneh sekali. Padahal sejak sepagian aku mendekam di calisma odasi, kamar belajar. Tidak berpindah kecuali hanya untuk makan dan shalat. Suhu di kamar belajar lebih hangat. Kalori pemanas di ruang ini membuatku tahan berlama-lama menghabiskan waktu menelan buku bertitle Ergenlik - Adolescence [masa remaja]. Meski kepalaku berputar-putar sekuat tenaga mencoba memahami buku berisi 100% Turki itu, tapi tetap saja. Mempelajari usia perkembangan remaja itu terasa tengah bercakap-cakap atau mendengarkan mereka tengah berbincang denganku. Coba aku kutip sebuah paragraf yang menarik ini

Nasıl bir kişiyim? karmaşık! hassasım, arkadas canlısıyım ve hoşgörülüyüm ama aynı zamanda çekingen, utangaç ve hatta sinir bozucu olabıliyorum. Garson ya da sekreter olmak istemediğimi biliyorum fakat bütün bunlara nasıl karar verirsin ki gerçekten bilmiyorum. [John W. Santrock. Ergenlik, p. 129]

Seperti apakah pribadiku ini? Komplek! apakah aku pribadi yang peka, hangat dengan teman-temanku dan menghargai orang lain, akan tetapi di waktu yang sama aku seorang yang pemalu bahkan mudah menjadi stress. Aku tahu bahwa aku tidak ingin menjadi pelayan atau sekretaris, akan tetapi aku sulit bagaimana memutuskan semua ini. Aku benar-benar tidak tahu. [John W. Santrock. Ergenlik, p. 129]

Membacanya aku tersenyum. Mengingat masa saat aku pun pernah berada pada stage of Ergenlik [13-19 tahun*] *menurut salah satu theory- dan sekarang baru memahami secara science mengapa usia remaja itu sangat menarik untuk di kaji berulang kali. Dan benarlah mereka adalah pribadi yang unik. Masa yang sangat bagus untuk perkembangan kreatifitas. Emm...

Jika begitu,seharusnya BK di sekolah menjadi keharusan. Tapi yang ku ingat semasa SMA dahulu, guru BK identik dengan "urusan anak nakal." Tapi membaca buku ini maka layak dan sudah sepatutnya bahwa psikology konseling di sekolah-sekolah itu bisa di katakan mutlak harus ada.

Lalu, menurutmu apa itu masa remaja?

Catatan Kecil, Turkey Ekim 13

No comments: