Reminder

"Beri aku pelajaran TERSULIT, aku akan BELAJAR" Maryamah Karpov

Wajahku sujud kepada Allah yang menciptakannya, dan yang membuka pendengaran dan penglihatannya

Dengan daya dan kekuatan dari-Nya, maka Maha Suci Allah, Sebaik-baik pencipta

(Tilawah Sajadah)

Sunday, December 22, 2013

Dear emak **ada tentang seorang gurunda

sumber foto: gugel

Dear Emak...
Hari ini sungguh aku rindu padamu, 
ketika teman-teman di dunia mayaku 
berlomba-lomba ramai mengucapkan "selamat Hari Ibu" 
dan aku berulang kali hanya bisa mengusap tangis rinduku

Dear emak, 
yang aku rindu tidak hanya karena ini hari ibu, 
tapi dalam setiap sujud dan bait do'aku 
engkau adalah do'a pertama yang selalu aku sampaikan pada Rabb-ku [Rabb kita]

Dear emak yang tidak pernah punya "rapor sekolah" seumur hidupmu, 
tapi engkau didik aku percaya meraih beragam penghargaan 
yang tidak bisa aku hitung lagi satu persatu

Dear emak yang tidak cakap menulis kalimat, 
yang terbata-bata ketika mengeja huruf-hurufnya, 
tapi kemudian engkau didik aku 
hingga mampu menulis buku dan banyak karya

Dear emak, yang tidak pandai mengaji tajwid, 
tapi engkau didik aku mampu menjadi guru mengaji 
di usia sekolah dasar ibtidaiyahku 
di dusun kecil yang cahaya lampunya hanya dari buluh bambu

Dear emak, yang pada saat kelas 3 SD sedang bersemangatnya sekolah, 
tapi ketika pulang harus rela menerima perjodohan dan menanggalkan sekolahmu. 
Aku tidak bisa menggambarkan bahasa apa yang ada dihatimu saat itu. 
Tapi kemudian engkau didik semua anakmu menjadi sarjana-sarjana terbaik, 
engkau didik aku menuntut ilmu pun hingga menembus benua yang jauhnya bermil-mil ini, 
meninggalkanmu di perdusunan kecil dan sunyi itu..

Dear emak, cita-citamu padaku yang sederhana, 
meski aku telah menjadi sedemikian ini, 
"Nduk meski bila pun engkau hanya seorang guru honorer desa 
emak akan tetap bangga padamu..."

Dear emak, maukah engkau aku beri tahu sebuah do'a 
yang aku selalu rahasiakan dan selalu aku ucapkan pada setiap serampung sujud-sujudku...

"Dear Allah sayangilah kedua orang tuaku, dengan kasih sayang Terbaik dari sisi Mu, 
mudahkanlah urusannya, dengan kemudahan terbaik yang tidak terbatas dari sisi Mu. 
Dan jika kelak engkau memanggil dan mengambil keduanya, 
maka ambillah dalam sebaik-baik keadaan dari sisi Mu. Aamiin...

I LOVE you emak...

Evi Marlina Al-ardvici
[Sakura Romaw Timur, Turki 22 Desember 2013] 

===========


Assalamu'alaikum

Menyapa si Bapak dan emak, 

Bapak apa kabar di sana? Semoga sehat wal'afiat ya, mak juga semoga sehat tanpa kurang satu apa pun. Mb een dan kak Agus, mas Aufa, kenang Quthbie, kenang Oky dan istri yang masya Allah ayune -dek Tina, si mbah, mak de, pak de. Semoga sehat semua keluarga di kampung halaman. Hari ini kota Ankara gelap dan minusnya berat Mak. Meski tidak seberat beberapa pekan lalu. Mohon do'a nya ya Mak, in sha Allah minggu depan Sakura ujian semester. Alhamdulillah Sakura sehat di sini. Tanpa kurang satu apa pun. Teman-teman asrama dan teman-teman kamar yang baik dan sayang padaku. Teman-teman kelas, para guru dan tetangga asrama. Semuanya baik-baik dan perhatian padaku. Di sini sekarang rasanya aku sudah bukan orang asing lagi, mulai dari petugas kasir asrama, bibi tukang sapu, mudur asrama dan teman-teman asramaku mengenalku dan bersahutan memanggil namaku bila bertemu, alhamdulillah. Aku sudah mulai betah dan mulai mencintai Ankara seperti aku mencintai Jambiku. Mencintai kampungku.


Bapak dan Mak, hari ini adalah hari yang spesial. Tugas kuliahku sudah rampung dan TUNTAS sejak dua hari lalu [hari Jum'at tepatnya], saat aku pulang larut mengerjakan bersama Ture teman Turkiku. In sha Allah tinggal bisa fokus mempersiapkan ujian pekan depan. Mohon doanya ya Mak diberi kemudahan urusan terbaik dari Allah, in sha Allah. Oh ya Mak kemaren aku belajar mengulang hafalan lagi dengan gurunda baruku mak. Aku memanggilnya gurunda Ocean the Ha----in **hihi. Masya Allah pandai sekali gurunda Mak. Ilmunya dalam sekali, dan selalu mampu menjelaskan semua keingintahuanku. Rasanya aku ingin tunjukkan adik-adik di TPQ lek Tandir di kampung halaman pada gurunda. Ingin menunjukkan betapa ndesit dan permainya kampung kita Mak, tapi kalau mengingat betapa jauhnya kampung kita yang kecil dan sunyi ini, aku menjadi malu dan sepertinya tidak layak rasanya menunjukkan hal itu pada gurunda Mak. **emmh, aku sungguh sayang sekali pada gurunda mak. hihi... 
Bersama adik-adik TPQ Lek Tandir di Kampung Halaman

Mak, gurunda mirip seperti Ustdzah Ja'far, terkadang menjadi teman sebaya yang bisa aku tumpahin luapkan semua kata-kata yang menumpuk di hatiku, sama seperti saat aku "mengejek" ustdzah Mak, terkadang juga gurunda menjadi guru yang aku harus simak tanpa berani membantah sepatah kata pun, terkadang menjadi kakak yang sangat bijaksana yang bisa menasehatiku dengan teratur. Mirip sekali seperti Ustdzah Mak. Dan satu lagi, terkadang gurunda menjadi sangat menyebalkan karena gemar sekali mengejekku. Dan aku selalui menyukai sifatnya yang menyebalkan itu Mak, yang selalu mampu membuatku berguling-guling dalam kata-kata yang tidak bisa lagi aku keluarkan dalam "ekspresi paragraf" selain kata "dasaarrrr njelei..." **hihi itu artinya aku memang sudah tidak mampu mengekspresikan dalam bentuk kata, juga luapan betapa sebenarnya aku menyayangi sifat gurunda yang "menyebalkan" itu Mak. Ah Mak sekali lagi aku sayang pada GurundaOh ya Mak, semoga emak suka dengan pusiku di atas itu ya. In sha Allah hari ini akan aku kirim ke Kak Agus agar bisa di print dan ditunjukkan padamu. Mohon doanya ya Mak, engkaulah obat kecemasakanku...Mak aku pamit dulu ya. Sakura kangen sama Mak. Emmh, sama gurunda juga Mak sebenarnya...

Sungguh...!!! [tanda pentung pak RT]
tapi...ah sudahlah...CLING **qiqi YES, aku mau belajar dulu ya Mak
[SAILORRMOON dengan kekuatan Bulan, berubahhh :P :P :P]

Keterangan Foto : aku [jilbab coklat] dan emak [jilbab hijau]
Bersama adik-adik di TPQ di kampung halaman 
sehari sebelum aku meninggalkan kampung halaman

Apapun semoga yang terbaik menurut Allah saja in sha Allah

Sakura RT, 22 Desember 2013

No comments: