Reminder

"Beri aku pelajaran TERSULIT, aku akan BELAJAR" Maryamah Karpov

Wajahku sujud kepada Allah yang menciptakannya, dan yang membuka pendengaran dan penglihatannya

Dengan daya dan kekuatan dari-Nya, maka Maha Suci Allah, Sebaik-baik pencipta

(Tilawah Sajadah)

Monday, November 30, 2020

Zona 4. Gaya Belajar & Stimulasi Belajar Hari ke-6; Merangkai Lego dengan Aneka Bentuk

Menyusun Lego dengan Aneka Bentuk

Zona 4. Gaya Belajar & Stimulasi Belajar #6

https://madaniah.co.id

Usai mengulas buku Mbak Nana dan adik bermain mandiri. Mbak Nana dan adik senang sekali merangkai mainana lego yang anne sediakan di rumah. Di rumah terdapat dua ukuran lego; sedang dan kecil. Mbak Nana sedang gandrung-gandrungnya merangkai lego ukuran kecil yang anne hadiahkan kepadanya sebagai hadiah karena telah mengaji dengan semangat. 

Aktivitas Hari ini; 1 Desember 2020

Merangkai lego ukuran kecil dengan aneka bentuk.

Proses Kreatifitas

Mbak Nana merangkai lego ukkuran mini tersebut dengan aneka bentuk. Tak hanya merangkai, namun juga menjelaskan kreasi apa yang tengah ia siapkan. Mbak Nana memadukan berbagai warna lego dengan berbagai warna.

IC (Intelectual Curiosity)

Mbak Nana berupaya untuk merangkai lego dengan tanpa bantuan anne. Mbak Juga tidak meminta untuk menolongnya ketika ia berupaya menyatukan lego tersebut. Ia terlihat sangat menikmati dalam proses penyusunan tersebut.

CI (Creative Imagination)

Mbak Nana menyusun lego tersebut menjadi bentuk rumah beserta ruangan yang ia imajinasikan sebagai kamar keluarga. Mbak Nana juga membuat sebuah kolam renang sebagai tempat berenang.

AD (Art of Discovery)

Mbak Nana mengajak adik dalam kegiatan bermain. Menceritakan kepada adik tentang apa yang sedang ia buat. 

NA (Noble of Attitude)

Usai bermain lego Mbak Nana merapikan mandiri lego-lego tersebut. Mbak Nana pun turut mengajak adik untuk membantunya merapikan kembali lego tersebut ke dalam wadah. Berikut beberapa ujaran yang disampaikan Mbak Nana kepada adik, bagaimana cara Mbak Nana meminta tolong adik untuk membantunya merapikan lego.

"Adek sudah yuk kita rapikan legonya."

"Adek, boleh bantuin Mbak Nana rapikan legonya."

Refleksi

Mbak Nana dan adik dapat bermain secara mandiri tanpa stimulus dari anne. Anne hanya mengamati setiap percakapan dan kegiatan Mbak Nana dan adik. Terlihat Mbak Nana sangat menikmati kegiatan menyusun lego, berimajinasi dengan seru tanpa keterlibatan /intervensi dari anne. Ia juga bercakap-cakap dengan seru dengan adik.

Ya dengan memberikan ruang kepada anak-anak untuk memilih dan menentukan mainan apa yangdiinginkan, akan melatih anak-anak dalam mengambil keputusan terhadap apa yang menjadi keinginannya. Anak-anak juga bebas berimajinasi ingin berkarya seperti apa. Mbak Nana juga belajar menghargai bentuk lego apa yang disiapkan oleh adiknya (elama masih dalam koridor nilai-nilai keluarga).

Evi Marlina
Depok, 01.12.2020
01/12/2020 3:31:54

No comments: