Reminder

"Beri aku pelajaran TERSULIT, aku akan BELAJAR" Maryamah Karpov

Wajahku sujud kepada Allah yang menciptakannya, dan yang membuka pendengaran dan penglihatannya

Dengan daya dan kekuatan dari-Nya, maka Maha Suci Allah, Sebaik-baik pencipta

(Tilawah Sajadah)

Thursday, November 5, 2020

Cerdas Emosional dan Spiritual Hari Ke-8; Muraja`ah di Rumah Mbah Utie

Muraja`ah Bersama Ayah

Zona 3. Family Project #8 Anne & Ayah Sahabat Terbaik keluarga  

Perencanaan

Kemaren sore kami merencanakan silaturahim ke rumah Ibu (red. mertua). Sejak sore Ayah sudah mengumumkan kepada Mbak Nana bahwa nanti malam akan ke rumah Mbah Utie. Mulanya anne berencana di rumah saja karena masih ada sisa tugas yang harus diselesaikan, namun sore hari akhirnya memutuskan untuk ikut serta. Hmm, boleh jugalah sebab jika sedag di rumah Utie pasti anak-anak akan asik bermain dengan sepupu. Dengan begitu anne bisa mengetik, hahaha.

Akhirnya sore kemaren kami berangkat ke rumah Ibu. Tidak lama kemudian saat diperjalanan hujan deras, karena mengendarai motor akhirnya kami pun basah kuyup ketika sampai di rumah Ibu. 

Alhamdulillah setelah mengganti dengan pakaian pinjaman kami bersiap shalat magrib bersama. Anne dan anak-anak shalat di rumah, sementara ayah shalat ke masjid yang tidak jauh dari rumah Mbah Utie. Sepulang dari masjid Mbak Nana pun setoran kepada ayah, seperti kegiatan usai magrib. Hanya saja kali ini Mbak Nana murajaah di rumah Mbah Utie.

Nama Project : Muraja`ah di Rumah Mbah Utie

Tim Project

Kepala Project : Ayah
Peserta Murajaah : Mbak Nana dan Adek
Sie Perlengkapan : Anne

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Hari : Rabu, 4 November 2020 
Waktu : Pukul 19.00 WIB
Tempat : Di ruang perpustakaan Mbah Utie
Kegiatan : Murajaah 

Pelaksanaan dan Kendala

Alhamdulillah kegiatan ini berjalan khidmat dan lancar. Mbak Nana senang sekali menyiapkan juz amma yang ia ambil dari rak buku milik Mbah Utie. Ayah juga membantu Mbak Nana mencari juz amma. Anne membantu menyiapkan meja dan sajadah untuk kegiatan murajaah. Mbak Nana duduk murajaah di depan ayah, Mbah Utie terlihat senang sekali melihat cucunya mengaji. Ayahdan Anne juga menyimak dengan penuh semangat. Sementara adik duduk dengan tenang dipangku oleh Ayah.

Refleski Kegiatan

Alhamdulillah, kegiatan murajaah bersama Ayah ini memiliki manfaat dan dampak yang luar biasa bagi semua keluarga, khususnya untuk anak-anak. Anak-anak mendapatkan perhatian spiritual dan emosional secara khusus dari Ayah. Selain itu juga, anak-anak mendapatkan sosok yang dapat menjadi figur bagi mereka. Sebab anak-anak tumbuh dengan cara melihat, mendengar dan mecontoh. Keterlibatan Ayah dalam proses pendidikan nilai-nilai agama memberikan pengaruh yang signifikan dalam kematangan emosional anak dan keluarga.

Prosentase Ketercapaian (%)

Alhamdulillah, kegiatan ini berjalan lancar. Anak-anak duduk mengaji dengan tenang. Adik duduk menyimak dengan dipangku ayah. Jika dipresentasikan maka nilainya adalah 99%. Alhamdulillah.

No comments: