Reminder

"Beri aku pelajaran TERSULIT, aku akan BELAJAR" Maryamah Karpov

Wajahku sujud kepada Allah yang menciptakannya, dan yang membuka pendengaran dan penglihatannya

Dengan daya dan kekuatan dari-Nya, maka Maha Suci Allah, Sebaik-baik pencipta

(Tilawah Sajadah)

Wednesday, December 2, 2020

Zona 4. Gaya Belajar & Stimulasi Belajar Hari ke-7; Menggunting & Menempel Puzzle Bunga Matahari

 Menggunting dan Menempel Puzzle Bunga Matahari
Zona 4. Gaya Belajar & Stimulasi Belajar #7


Hari ke-7 hosgeldiniz, yeay. Kegiatan kali ini Mbak Nana dan adik adalah menggunting dan menempel puzzle kertas origami berbentuk bunga matahari di kertas. Tema bunga matahari melanjutkan tema hari ke-1 dan ke-2 terdahulu. Anne berperan sebagai tim yang menggambar pola bunga, batang, daun, serta pot bunga. 

Ada pun Mbak Nana bertugas menggunting, menentukan warna origami yang mana yang dipakai, serta bertugas menempelkan potongan puzzle bunga matahari tersebut di kertas yang telah tersedia. 
Aktivitas Hari ini; 2 Desember 2020

Menggunting dan Menempel Puzzle Bunga Matahari dari Origami.

Proses Kreatifitas

Mbak Nana memilih secara mandiri origami warna apa pada bunga matahari yang akan dibuat. Mbak Nana juga menggunting pola yang sudah disiapkan secara mandiri. Lalu menempelkan potongan puzzle bunga matahari tersebut di atas kertas. Membantuknya menjadi satu kesatuan bunga matahari yang utuh.

IC (Intelectual Curiosity)

Mbak Nana ingin menempel sendiri setiap bagian potongan bunga tersebut pada kertas yang telah disiapkan. Mbak Nana menolak anne untuk menolongnya. "Biar Mbak Nana aja yang nempel solasibannya anne," kata Mbak Nana dengan cepat.

Mbak Nana juga menyusun puzzle bunga matahari dan kemudian menempelkan satu persatu bagiannya. Ia menyelesaikannya dengan penuh kesungguhan, hingga tuntas.  

CI (Creative Imagination)

Mbak Nana menggambar dua pola secara mandiri. Sebuah gambar manusia dan seekor sapi. Sapi adalah karakter hewan kesukannya. 

"Anne Mbak Nana gambar orang ya. Ini Ayah sedang tertawa, dan ini sapi Mbak Nana," kemudian ia menggunting dua gambar yang dimaksud. Lalu menempelkan masing-masing di sisi kanan dan kiri bunga matahari.

AD (Art of Discovery)

Mbak Nana dapat melihat lebih dekat dan nyata tentang bunga Matahari yang ia lihat dan ia baca di buku berjudul "Seed to the Sun Flower." Ia dapat merealisasikan bentuk bagian-bagian pada bunga matahari dengan pengalaman menggunting, menempel setiap bagian potongan bunga matahari.

Proses tersebut : Membaca buku tentang bunga matahari (hari ke-1) - menggambar dan mewarnai bunga matahari (hari ke-2) - menggunting dan menempel puzzle bunga matahari (hari ke-7)

NA (Noble of Attitude)

Mbak Nana menyelesaikan kegiatan menggunting dan menempel puzzle bunga matahari ini dengan sangat baik. Mbak Nana menunjukkan sikap yang tekun dan ulet. Rasa ingin tahu yang besar, menunjukkan kemandirian, serta semangat untuk menyelsaikan hingga tuntas.

Refleksi

Alhamdulillah, Mbak Nana mengikuti kegiatan selama 60 menit dengan sangat baik. Dapat bekerja sama dalam project tim bersama anne. Mbak Nana terlihat puas selama 60 menit waktu yang anne fokuskan menemani Mbak Nana berkreasi.

Rasa kepuasan itu tercermin dari sinar matanya yang bercahaya, tawanya yang sumringah, serta perasaan bangga dengan menunjukkan karya tersebut kepada Ayah dan bersedia untuk di foto. Juga setelah itu Mbak Nana bermain secara mandiri tanpa merengek meminta ditemani anne. Hal ini menunjukkan bahwa telah terpenuhi kebutuahannya bermain dan berkreasi serta pemenuhan waktu kebersamaan bersama anne. Alhamdulillah.

Evi Marlina
Depok, 02.12.2020
02/12/2020 5:42:08

No comments: