Reminder

"Beri aku pelajaran TERSULIT, aku akan BELAJAR" Maryamah Karpov

Wajahku sujud kepada Allah yang menciptakannya, dan yang membuka pendengaran dan penglihatannya

Dengan daya dan kekuatan dari-Nya, maka Maha Suci Allah, Sebaik-baik pencipta

(Tilawah Sajadah)

Sunday, November 29, 2020

Zona 4. Gaya Belajar & Stimulasi Belajar Hari ke-4; Kembali Belajar Memaknai Sastra Islam

 Kembali Belajar Memaknai Sastra Islam
Zona 4. Gaya Belajar & Stimulasi Belajar #4
Alhamdulillah, hari ini adalah hari ke-2 dalam serangkaian agenda Silaturahim Nasional keluarga besar FLP. Agenda sangat padat sejak pagi, anne pun tak ada kesempatan untuk bermain menyiapkan kegiatan khusus kepada anak-anak. Kebetulan agenda hari ke-2 adalah Parade Gagasan dari para pembicara penulis besar tanah air; mulai dari Mbak Intan Savitri, Mas Ali Muakhir, Kang Abik -Habiburrahman El Shirazy-, Bunda Asma Nadia, Bunda Helvi Tiana Rosa, Mbak Sinta Yudisia, dan Mbak Rahmadiyanti (Dee)
Saya memutuskan untuk menyimak dengan membawa anak-anak ikut serta. Mengajarkan sastra kepada anak-anak sejak dini. Jika selama ini mereka terbiasa menyimak anne bercerita, menyimak Ayah atau Anne mengisi acara, maka kali ini anne dapat mengajak anak-anak belajar menyimak. Alla kulli hal, anak-anak dapat mengikuti kegiatan dengan cukup baik, meski tentu saja mestilah bosan yaa. Sebab acara dimulai sejak pukul 07.30 hingga pukul 13.30 WIB. 

Aktivitas Hari ini; 29 November 2020

Mengajak anak-anak menyimak agenda rangkaian daring Silnas Forum Lingkar Pena.

Proses Kreatifitas

Menyiapkan meja kerja untuk anak-anak di samping anne, menyiapkan video untuk hari menonton anak-anak (hari Ahad adalah hari menonton), menyiapkan cemilan kesukaan anak-anak berupa kentang goreng dan sosis goreng (Ayah yang membantu menyiapkan), menyediakan kebutuhan mewarnai dan menulis anak-anak. 

IC (Intelectual Curiosity)

Mengamati dan menyimak apa-apa yang disampaikan oleh pembicara dalam parade gagasan tersebut. 

CI (Creative Imagination)

Memperoleh banyak ilmu dan hentakan yang membangunkan untuk terus berkarya. Ya, mimpi-mimpi harus diwujudukan. Menulis adalah bagian dari project kebaikan yang tidak akan berputus usianya meski kita telah tiada. Bismillah, satu waktu insya Allah saya menjadi bagian dari penulis tanah air yang karyanya mencerahkan dan menghidupkan nilai-nilai kebaikan.

AD (Art of Discovery)

Banyak ilmu yang saya peroleh dari kegiatan hari ini. Kembali belajar memaknai sastra islami, menulis yang mencerahkan, writing residence, menulis untuk kesehatan mental, travel writer dst. Ini seperti sebuah hentakan, agar diri segera bangun dan menulis! Bismillah, insya Allah.

NA (Noble of Attitude)

Alhmdulillah, meski agak kewalahan menyiapkan anak-anak pagi ini (hari libur khadimah), akhirnya anne dapat mengikuti agenda ini dengan cukup seksama. Anak-anak juga ikut menyimak cukup tenang. Sesekali dua kali kegaduhan terjadi. Dan saya memaklumi hal tersebut.

Refleksi

Alhmdulillah, saya bersyukur dapat melewati hari ini. Meski tanpa direncanakan, namun berkat kerja sama anggota keluarga anak-anak dan rumah tetap dapat terhandle dengan baik. 

Evi Marlina
Depok, 29.11.2020
29/11/2020 22:17:42

No comments: