Reminder

"Beri aku pelajaran TERSULIT, aku akan BELAJAR" Maryamah Karpov

Wajahku sujud kepada Allah yang menciptakannya, dan yang membuka pendengaran dan penglihatannya

Dengan daya dan kekuatan dari-Nya, maka Maha Suci Allah, Sebaik-baik pencipta

(Tilawah Sajadah)

Saturday, November 28, 2020

Zona 4. Gaya Belajar & Stimulasi Belajar Hari ke-3; Manajemen Kondisi Tak Terduga

 Manajemen Kondisi Tak Terduga;
Diantara Keluarga dan Silaturahim 
Nasional Via Daring

Zona 4. Gaya Belajar & Stimulasi Belajar #3

Dua hari ini anne harus mengikuti agenda silaturahim nasional di organisasi kepenulisan yang anne ikuti (FLP). Agenda ini biasanya dilaksanakan secara offline, namun situasi pandemi kegiatan pun diadakan secara daring. Tentu saja jadwal sangat padat sejak pagi hingga malam hari.

Menyadari situasi tersebut, anne merencanakan akan mengajak anak-anak berkreatifitas di pagi hari usai sarapan. Agar kemudian anne dapat fokus mengikuti sidang komisi.

Qodarullah, situasi tak dapat diduga. Pagi-pagi pukul 06.00 sebuah pesan singkat masuk ke HP, bahwa Bik Isah khadimah yang biasa membantu pekerjaan rumah meminta izin. Alhasil saya pun harus segera menyusun strategi agar anak-anak dan rumah tetap dapat terhandle dengan baik. 

Anne segera membersihkan rumah, menyiapkan kebutuhan mandi anak-anak, menghangatkan makanan dan memesan makanan lauk pauk siap saji dari tetangga untuk menu tambahan. Dalam waktu dan tempo yang sesingkat-singkatnya. Tepat pukul 09.30 anak-anak sudah siap mandi dan sarapan, kemudian Ayah pun yang seharusnya libur bertugas mengajak anak-anak bermain. Alhamdulillah, tepat pukul 09.30 anne dapat memasuki ruangan zoom. Semestinya seluruh panitia dan peserta harus masuk ruangan pukul 07.30 WIB. Karena kondisi tak terduga, anne mengajukan permohonan izin memasuki ruangan zoom pada pukul 09.30 WIB.

Aktivitas Hari ini; 28 November 2020

Manajemen kondisi/situasi yang tidak terduga; diantara keluarga dan agenda silaturahim nasional via daring.

Proses Kreatifitas

Berfikir dan bertindak cepat menyikapai situasi dan kondisi tak terduga. Tetap tenang dan mengeksekusi hal-hal taktis yang harus dilakukan sesuai dengan target waktu.

IC (Intelectual Curiosity)

Mengamati dan menyimak apa-apa yang disampaikan oleh perwakilan wilayah masing-masing cabang.

CI (Creative Imagination)

Menyikapi keletihan dengan membayangkan bahwa acara berlangsung dengan offline. Saat sesi ISAMA saya melontarkan imajinasi "disni ada spageti tumis orek telur, silahkan dinikmati." Ya, ruang virtual rasa offline.

AD (Art of Discovery)

Banyak mendapat insight baru dalam bidang kaderisasi keanggotaan.

NA (Noble of Attitude)

Alhmdulillah, anak-anak bermain secara mandiri khususnya Mbak Nana dapat memahami kondisi anne. Meski tidak cukup optimal, sebab adek sedang demam Anne dapat mengikuti acara dg cukup seksama. 

Refleksi

Alhmdulillah, saya bersyukur dapat melewati hari ini. Meski tanpa direncanakan, namun berkat kerja sama anggota keluarga anak-anak dan rumah tetap dapat terhandle dengan baik. 

Evi Marlina
Depok, 28.11.2020
28/11/2020 18:17:52

No comments: