Reminder

"Beri aku pelajaran TERSULIT, aku akan BELAJAR" Maryamah Karpov

Wajahku sujud kepada Allah yang menciptakannya, dan yang membuka pendengaran dan penglihatannya

Dengan daya dan kekuatan dari-Nya, maka Maha Suci Allah, Sebaik-baik pencipta

(Tilawah Sajadah)

Thursday, November 26, 2020

Zona 4. Gaya Belajar & Stimulasi Belajar Hari ke-1; Dari Bijih Menjadi Bunga Matahari

Dari Bijih Menjadi Bunga Matahari

 Zona 4. Gaya Belajar & Stimulasi Belajar #1

Sumber: https://www.bookdepository.com/

Curhat Pembuka Zona 4

Bismillah. Alhamdulillah, selamat datang di zona 4. Itu artimya saya dan anak-anak sudah memasuki bulan ke-4 dalam petualangan belajar di Kelas Bunda Sayang ini. Bagaimana dengan zona 4 ini? Alhamdulillah, saya merasa kembali terecharge untuk mengikuti petualngan kali ini. Jika pada zona ke-3 saya merasa tidak optimal dan tidak pula merasa puas (meski mengumpulkan tugas full selama 15 hari) sebab padatnya kesibukan yang cukup menyita perhatian, maka memasuki tantangan ke-4 ini seperti ada energi baru untuk mengikuti dengan lebih seksama.

Apa sebab? Persisnya saya tidak tahu juga. Sebab sebenarnya di bulan ini juga program kelas mulazamah Qur`an sudah dimulai. Artinya, anne tak hanya harus menyetorkan laporan kelas Bunda Sayang, setoran ODOJ tilawah harian, hafalan surat harian, namun juga menyiapkan setoran hafalan Qur`an rutin untuk disetorkan 3 kali setiap pekannya. 

Ya, tentu saja selain kesibukan lainnya berupa amanah organisasi, amanah dakwah di lingkungan rumah (amanah baru sebagai tim pengurus TPA di lingkungan) dan bisnis buku online (termasuk mengelola anggota reseller). 

Ala kulli hal, alhamdulillah. Semoga ini merupakan bagian dari penjagaan Allah. Sebab jika kita tidak disibukkan dengan kebaikan, maka binasalah waktu bersama kekosongan. Naudzubillahimindzalik!

Welcome Zona 4 #1


Aktivitas Hari ini; 26 November 2020

Membaca buku "Dari Bijih ke Bunga Matahari"

Proses Kreatifitas

Buku dipilih sendiri oleh Mbak Nana dan Adik. Usai dibacakan Mbak Nana menjawab pertanyaan anne dengan mempresentasikan cover buku kepada anne dan adik.

IC (Intelectual Curiosity)

Mbak Nana menanyakan setiap alur ilustrasi bunga mataharu yang berisi proses pertumbuhan bunga matahari. Menanyakan dengan detail setiap anak panah yang terdapat dalam ilustrasi.

CI (Creative Imagination)

Mbak Nana mengatakan bahwa ia pun senang bila dapat memakan bijih bunga matahari. Ia meminta anne agar satu waktu dibelikan bijih bunga matahari.

AD (Art of Discovery)


Menjelajahi setiap isi halaman buku tanpa ada satu halaman pun yang terlewat. Setiap kali anne hendak melewati halaman lain, Mbak Nana menolak. Ia ingin memperoleh penjelasan setiap halaman dengan detail. Ilustrasi di gambar buku telah menawan hatinya.

NA (Noble of Attitude)

Mbak Nana mengatakan bahwa sebab ia tertarik membaca buku tersebut adalah karena "isi bukunya menarik." Kemudian ketika anne mulai membacakan Mbak Nana menyimak dengan tertib hingga tuntas.

Refleksi

Mbak Nana dan adik sangat antusias menyimak setiap halaman isi buku. Dapat mengenal proses pertumbuhan bunga matahari, di mulai dari bijih, tunas, hingga tumbuh menjadi besar, berbunga dan berbuah. 

Mbak Nana juga dapat menyebutkan bagian-bagian dari bunga matahari; akar, batang, bunga, dan daun. Mbak Nana menunjuk setiap bagian bunga matahari dengan baik dan semangat sekali. Alhamdulillah.

Evi Marlina
Depok, 26.11.2020
26/11/2020 23:21:35













 

No comments: