Reminder

"Beri aku pelajaran TERSULIT, aku akan BELAJAR" Maryamah Karpov

Wajahku sujud kepada Allah yang menciptakannya, dan yang membuka pendengaran dan penglihatannya

Dengan daya dan kekuatan dari-Nya, maka Maha Suci Allah, Sebaik-baik pencipta

(Tilawah Sajadah)

Monday, November 30, 2020

Zona 4. Gaya Belajar & Stimulasi Belajar Hari ke-5; Mengulas Buku Nadia Suka Hujan

Mengulas Buku; Nadia Suka Hujan

Zona 4. Gaya Belajar & Stimulasi Belajar #5

Kegiatan hari ini adalah mengulas satu buku kesukaan Mbak Nana dan adik. Anne bertugas membacakan buku, Mbak Nana dan adik menyimak anne. Usai membacakan buku kegiatan selanjutnya adalah diskusi bersama anak-anak. Tujuan dari diskusi ini adalah untuk memantik dan melatih critical thinking Mbak Nana terhadap isi buku. Tak hanya melatih critical thinking, namun juga mengembangkan ketrampilan berbahasa, mengembangkan kosa kata, dan ketrampilan menyampikan kembali isi buku di depan publik.

Aktivitas Hari ini; 30 November 2020

Melatih critical thinking dengan diskusi tanya jawab dari buku Nadia Suka Hujan.

Proses Kreatifitas

Mbak Nana menyimak Anne membacakan buku untuknya, lalu menjawab pertanyaan pemantik diskusi yang anne berikan usai dibacakan buku. Usai menjawab pertanyaan Mbak Nana menceritakan kembali isi buku tersebut dan mempresentasikan di depan anne dan adik.

IC (Intelectual Curiosity)

Mbak Nana penasaran dengan isi cerita, sehingga tak ada satu halalaman pun yang boleh terlewat. Mbak Nana merespon cerita ketika menemukan bagian yang menarik perhatiannya.

"Anne ini kan karena orang buang sampah sembarangan jadinya banjir kan, jadinya rumah-rumah teman Mbak Nana jadi hancur."

CI (Creative Imagination)

Mbak Nana meminta kata ganti nama tokoh dengan namanya. Buku yang berjudul "Nadia Suka Hujan" menjadi "Mbak Nana Suka Hujan." Mbak Nana mengatakan bahwa ia pun senang menari-nari di bawah hujan. Lalu berimajinasi bahwa tokoh Nadia dalam buku tersebut adalah dirinya, dan sang Ibu adalah Anne.

AD (Art of Discovery)

Mbak Nana mempresentasikan buku tersebut dengan menunjukkan setiap halaman gambar kepada Anne dan adik.

NA (Noble of Attitude)

Mbak Nana menyimak cerita anne, memberikan respon terhadap isu, menanggapi pertanyaan dan mempresentasikan isi buku dengan sangat baik, tenang, dan tertib. Menunjukkan sika dan rasa ingin tahu yang sangat besar.

Refleksi

Alhamdulillah, kegiatan mengulas buku ini berlangsung dengan sangat baik. Anak-anak sangat menikmati dan menggemari dengan kegiatan yang berkaitan  dengan buku. Adik pun menjadi keranjingan dengan buku pula.

Evi Marlina
Depok, 30.11.2020

No comments: