Reminder

"Beri aku pelajaran TERSULIT, aku akan BELAJAR" Maryamah Karpov

Wajahku sujud kepada Allah yang menciptakannya, dan yang membuka pendengaran dan penglihatannya

Dengan daya dan kekuatan dari-Nya, maka Maha Suci Allah, Sebaik-baik pencipta

(Tilawah Sajadah)

Tuesday, November 3, 2020

Cerdas Emosional dan Spiritual Hari Ke-6; Our Books Are Our Paradise

Our Books Are Our Paradise

Zona 3. Family Project #6 Anne & Ayah Sahabat Terbaik keluarga 

Rutinitas pagi kami dimulai dengan bangun pagi. Anne shalat di rumah dan Ayah shalat di Masjid. Usai tilawah, matsurat, setoran tilawah dan mengetik tugas kelas Bunda Sayang biasanya anne mengecek orderan buku atau memposting dagangan, atau mempost content media sosial. Setelah itu bersiap menyambut anak-anak yang bangun di pagi hari.

Ayah, sepulang dari masjid biasanya pukul 07.00 pagi. Lalu membantu membangunkan dan menyiapkan mandi anak-anak sebelum mengajar mahasiswa pada pukul 08.00 WIB. Nah, pagi kemaren Ayah bertugas membantu menyiapkan anak-anak mandi pagi sebelum mengajar. 

Usai beres urusan mandi pagi, bergantian tugas anne adalah menyiapkan sarapan anak-anak dan menemani mereka makan. Usai anak-anak makan dengan lahap, baru kemudian anne menyampaikan bahwa project hari ini adalah merapikan rak buku Mbak Nana dan adik. Taraaa, semuanya menyambut gembira. 

Perencanaan

Buku-buku Mbak Nana dan adik bertaburan di berbagai ruangan, ada yang menumpuk di meja kamar, ada yang di kasur, ada yang di atas lemari, ada yang di dalam kardus mainan, ada yang di meja kerja ayah. Wadaw, semua ruangan penuh dengan buku-buku anak-anak. Maka inilah saat yang tepat untuk mengerjakan project merapikan lemari buku adek dan Mbak Nana bersama-sama. Alhamdulillah anak-anak menyambut dengan penuh semangat dan riang gembira.

Nama Project : My Books Are My Paradise


Project ini bernama My Books Are My Paradise adalah sebuah konsep project merapikan lemari buku milik Mbak Nana dan Adik. Mbak Nana dan Adik memiliki 200 lebih judul buku. Buku-buku ini dikoleksi sejak Mbak Nana masih di Turki hingga kini sudah lahir adiknya. Sebagian buku tersebut ada yang masih awet sejak ia berusia 1 tahun hingga kini berusia hampir 5 tahun. Alhamdulillah. 

Biasanya anne yang selalu rutin merapikan buku-buku tersebut setelah dipakai. Meski terkadang Mbak Nana dan Adik juga mengembalikan ke lemari mesti belum pas posisisnya. Maka sepertinya ini saat yang tepat untuk mengajak anak-anak mengerjakan project merapikan lemari buku ini. Melihat buku-buku yang bertebaran di berbagai lokasi.

Tim Project

Kepala Project : Anne
Sie mengangkat buku : Mbak Nana
Sie meletakkan buku ke Rak : Adik

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Hari : Senin, 2 November 2020 
Waktu : Pukul 10.00 WIB
Tempat : Di ruang tengah keluarga
Kegiatan : Merapikan buku di lemari buku

Pelaksanaan dan Kendala


Alhamdulillah, kegiatan ini berlangsung dengan sangat baik. Mbak Nana dan adik kooperatif saling bahu membahu mengangkat buku dari kamar dan mengumpulkannya di meja di sisi lemari. Mulanya baik-baik saja, hingga akhirnya Mbak Nana tidak mau jika adik membantu menaruh buku ke lemari. Sebab susunannya menjadi tidak rapi. Akhirnya anne pun memberi solusi agar adek memberikan bukunya kepada anne dahulu, baru kemudian anne yang meletakkanya di lemari. Hehehehe.

Refleski Kegiatan


Alhamdulillah kegiatan ini bertujuan untuk melatih kepekaan emosional anal dalam proses kerja sama merapikan buku. Bagaimana konflik kecil bisa terjadi meski untuk kegiatan yang sangat sederhana sekali pun. Oleh sebab itu, dengan membiasakan bekerjasama dalam kegiatan project keluarga akan melatih anak-anak belajar mengelola emosi. 

Selain itu, bonus dari kegiatan ini juga anak-anak tak hanya semakin jatuh cinta pada buku dan kegiatan membaca, namun juga merawat dan menjaga buku-buku tersebut. Kegiatan merawat buku akan mnumbuhkan pemahaman betapa berharganya ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan yang baik akan melahirkan kemampuan rasa bersyukur terhadap apa yang Allah karuniakan. Rasa syukur akan melatih keseimbangan emosi anak.

Prosentase Ketercapaian (%)

Alhamdulillah, anak-anak bekerjasama dengan baik meski ada sedikit kendala. Secara umum kegiatan berlangsung dengan baik, presentasinya kurang lebih 87%. Hehehe




No comments: