Reminder

"Beri aku pelajaran TERSULIT, aku akan BELAJAR" Maryamah Karpov

Wajahku sujud kepada Allah yang menciptakannya, dan yang membuka pendengaran dan penglihatannya

Dengan daya dan kekuatan dari-Nya, maka Maha Suci Allah, Sebaik-baik pencipta

(Tilawah Sajadah)

Monday, November 2, 2020

Cerdas Emosional dan Spiritual Hari Ke-5; Murajaah Bersama Ayah #2

 Muraja'ah Bersama Ayah
Zona 3. Family Project #5 Anne & Ayah Sahabat Terbaik keluarga


Kegiatan mengaji bersama Ayah merupakan salah satu kegiatan favorit anak-anak di rumah. Anak-anak senang menyetorkan kegiatan hafalan bersama Ayah. Kegiatan murajaah bersama Ayah terasa lebih menyenangkan, sebab Ayah lebih sabar dalam menyimak anak-anak dalam kegiatan mengaji. Hehehe.

Perencanaan

Usai shalat magrib berjamaah, agenda project keluarga kami selanjutnya adalah murajaah bersama Ayah. Kegiatan murajaah ini memang biasanya rutin diagendakan menyetor kepada ayah. Anne bertugas mendampingi dalam proses mengaji tilawati dan mengaji TPA online.

Nama Project : Murajaah Bersama Ayah


Project ini bernama Murajaah Bersama Ayah. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan dan membentuk kebiasaan Mbak Nana dan adik untuk akrab bersama Al-Qur`an dan membentuk kebiasaan dan kecintaan untuk selalu bersemangat belajar Al-Qur`an. Dalam hal ini Ayah memiliki peran yang sangat besar dalam proses membangkitkan semangat Mbak Nana dalam mengaji. Kehadiran dan keterlibatan Ayah secara langsung dalam proses belajar mengaji Mbak Nana dan Adik memberikan efek positif yang luar biasa. 

Tim Project

Penerima Setoran : Ayah
Peserta : Mbak Nana, Adik, Anne
Sie. Perlengkapan : Anne dan Mbak Nana

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Hari : Ahad, 1 November 2020 
Waktu : Pukul 19.00 WIB
Tempat : Di ruang tengah keluarga
Kegiatan : Murajaah Bersama Ayah

Pelaksanaan dan Kendala

Alhamdulillah, kegiatan ini berjalan lancar. Mbak Nana dengan tertib menyetorkan muraah hafalannya kepada Ayah. Adik duduk dengan tenang dipangku Ayah. Tidak terjadi chaos atau pun tantrum, hehehe. Begitulah peran kehadiran Ayah, membuat emosi anak-anak terkendali dengan stabil dan aman. Anak-anak mengaji dengan tertib tanpa kekacauan. Alhamdulillah.

Refleski Kegiatan


Kegiatan mengaji ba'da Magrib memiliki peran yang sangat krusial bagi pembangunan pondasi spiritual keluarga. Khususnya dalam hal ini adalah bagi perkembangan anak-anak. Kegiatan shalat dan mengaji berjamaah akan menanamkan keimanan dan nilai-nilai spiritualitas yang mendalam bagi anak-anak. Lebih khusus lagi jika Ayah terlibat secara langsung, memberikan efek yang sangat positif bagi kesimbangan dan kesejahteraan jiwa dalam keluarga. Kesejahteraan jiwa yang positif akan mampu membagun kondisi emosi yang positif pula, sehingga akan dapat merespon berbagai kondisi dengan keadaan jwa yang positif pula.

Prosentase Ketercapaian (%)


Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar, aman, terkendali. Semua pihak menjalankan perannya dan saling bekerja sama dengan baik. Jika dipresentasikan nilainya 98%, alhamdulillah.

No comments: