Reminder

"Beri aku pelajaran TERSULIT, aku akan BELAJAR" Maryamah Karpov

Wajahku sujud kepada Allah yang menciptakannya, dan yang membuka pendengaran dan penglihatannya

Dengan daya dan kekuatan dari-Nya, maka Maha Suci Allah, Sebaik-baik pencipta

(Tilawah Sajadah)

Monday, August 19, 2013

Sharing Catatan kecil 2 YTB Schoolarship : Tiket Pesawat dan Kelas TOMER

Assalamu'alaikum...
Dear teman-teman penerima YTB Schoolarship


Pagi ini saya baru saja menerima whats up tentang pertanyaan dari seorang adik nun di Jojga sana. Oh ya mengingatkan saya untuk sharing dan menuliskannya, mumpung ingat. Setelah bberapa hari di fikiran saya hanya ada #SaveEgypt #SaveEgypt #SaveEgypt...

1. Tiket 

Untuk tiket, tahun lalu pihak YTB memberikan tiket keberangkatan yang dikirimkan sekitar 4-5 hari sebelum keberangkatan, akan tetapijadwal bisa berubah-ubah [kebetulan dahulu terjadi kesalahan jadwal booking tiket oleh pihak YTB, jadi teman2 harus siap dengan perubahan seperti apa-pun. Dalam hal ini adalah persiapkan dan lakukan packing barang mulai sekarang, ndk usah nunggu sampai tiket datang. Barang-barang kecil seperti sabun, rinso, sikat gigi, dan hal2 kecil saya sarankan bawa dari Indonesiauntuk kebutuhan 2-3 minggu pertama.

Kalo belum di kirim Tiket?


Untuk kasus yang belum terkirim tiket, dan ingin cepat berangkat. Kasus seperti ini bisa saja terjadi [terlambat tiket]. Jika tiket terlambat datang dan sudah ingin berangkat bisa membeli tiket dengn uang sendiri. Saya sarankan cari tiket dengan maskapai yang harga normal, seperti Qatar atau malaysia air lines [klo diibaratkan ya sriwijaya gitu dah kurang lebih], karena untuk maskapai Turkish Air lines secara maskapai terbaik untuk eropa [katanya guglig sih],so harganya harga Langit. Jadi cukup menggunakan maskapai yang sederhana saja.iallah sampai juga turkinya. 

Lalu bagaimana dengan uang tiket?

Tiket dan data2 tentang pembelian tiket [resi] agar di simpan, setelah sampai turki di urus ke YTB, tahun lalu jika saya tidak lupa ada teman2 yang demikian dan yang penting mau mengurus Reimbursnya ke kantor YTB [penggantian uangnya]. Akan tetapi saya sarankan sekali lagi, bersabarlah sampai pihak YTB mengirimkan tiketnya. insya Allah dikirim. Dan memang tiket Tahun lalu di kirim dan di tanggung pihak YTB. So don't worry. hihi memang sih, beasiswa YTB ini penuh tantangan, ngerasa kan gimana cemasnya setiap tahapan..qiqiqi...

Bagaimana dengan bagasi?

Jadi keberangkatan tahun lalu, berangkat secara per-group, ada yang 5,7, sampai 13 orang per-keberangkatan. Ketika itu bagasi kita di batasi hanya 25 kg dan bagasi kabin 5-8 kg kalo gak lupa. Jadi kami yang rata-rata bawaan bagasi melebihi batas bagasi maksimal, secara ada yang bawa bagasi seukuran lemari, hihi...so yang perlu lakukan teman-teman adalah, kami dahulu mengirimkan surat permohonan ke pihak Turkish Air lines untuk memberikan penambahan berat bagasi, via email, jadi Gropu teman2 siapa saja misalnya pas jadwal keberngkatan tanggalnya, terus buat surat permohonan. Kita dahulu di ACC menjadi 30 kg berat bagasi. Yihuuu lumayan kan. Setelah itu teman2 pas boarding usahakan bersamaan dalm group sehingga bisa saling membantu buat yang bagasinya kelebihan dari 30 #hihi...jadi bagasi teman2 bisa digabungkan dengan pergroup. Begitu...kita dahulu taktiknya, so...semua barang bisa ikut terbang. Tapi buat yang gak mau repot ya ambil yang simple aja...;) 

2. First Week Food preparation

Bawa makanan instan, seperti mie gelas, atau mie goreng, energen [promosi nih] :D, roti, sambel sachet, kecap botol kecil, dan lain2 yang sekiranya bisa mengganjal di minggu2 pertama. Kenapa? Kan di asrama dah ada. iya ada, akan tetapi berdasarkan pengalaman, untuk kita yang berlidah INDO yang sangat sederhana ini, hihi 1-3 minggu belum bisa langsung menerima makanan Turki secara ikhlas, hihi...Pengalaman, saya membutuhkan waktu 3 minggu sampai akhirnya bisa minum ayran, makan keju, zaitun, mengganti nasi turki dengan roti dsb. Jadi bawa makanan alternatif untuk 2 minggu. Saya dulu bawa sambel kentang+teri+kacang. Yang simple tapi tetap bisa buat ganjal sarapan :D [nanti saya ikut nyicip, hihi..#MOdus :P].

NB: oh ya jangan lupa, bawa obat2an semisal minyak kayu putih, obat maag dan pertolngan kecil seperlunya. Trus satu lagi, jangan lupa letakkan roti alam tas buat makan dalam pesawat, karena dalam pesawat nanti makanananya makanan Planet Lain [hihi...itu pengalaman makan makanan Turki pertama kali, rasanya...gegggegh...#Pesan Rasul kita tidak boleh mencela makanan ^_^ hee], jadi roti yang di bawa dalam tas bisa buat snackan dalam pesawat. Bawa lontong sebungkus kecil juga boleh kalo mau.

NB : bawa semacam Teko kecil yang colok listrik yang bisa buat masak air ya. yang ukuran kecil saja. Buat sarapan pas awal-awal di Asrama, manasin air buat energen atau mie instan [di sini mie instan Indonesia itu kita sebut makanan kerajaan :D]. Yang simple saja iallah. Hehehe...gak kaya saya yang rempong bt Rice Cooker ukuran kecil, buat masak nasi...hoho. qiqi

3. Kelas TOMER Bahasa Turki

Bagaimana kalo 30 september telah di mulai dan tiket belum datang?
ini pertanyaan dari seorang adik tingkat di whats up saya pagi ini. [maacih yeah dek dah mengingatkan, cmiww :D]

Oke untuk kasus yang seperti ini, pengalaman tahun lalu, untuk teman2 yang mendapatkan kota-kota di dunia sudut Turki, hihi, dahulu ada yang di Sivas, Madrin, Kirikkale dsb, penempatan Tomernya di Ankara Univ, yang merupakan Tomer Merkezi [Pusat Tomer] yang terletak di Kota Ankara. Jadi untuk teman2 yang datang terlambat daftar ke kelas Tomer, pengalaman tahun lalu dari Pihak Tomer memberikan kelas-kelas persipan baru untuk yang terlmbat datang [terlambat datang 2-3 minggu], jadi insya Allah untuk Tomer yang ditangani pusat secara langsung tidak perlu khawatir tentang itu. 

Lalu bagaimana jika Tomer saya tidak di Ankara Univ?

Ada yang langsung mengikuti kelas-kelas yang ada. atau tidak ada kelas baru, saya kurang begitu faham detailnya. Kalau pun tidak di buka kelas baru, bisa langsung mengikuti kelas yang ada, mungkin kita hanya butuh belajar lebih ekstra untuk mengejar kelas yang ada. Akan tetapi secara administrasi iallah tidak ada masalah yang begitu besar. Mereka [pihak kampus] sudah sangat berpengalaman dengan kasus-kasus seperti ini. Oleh sebab itu, saya sarankan sembari menunggu waktu kapan keberangkatan sempatkan membaca2 ringan Bahasa Turki [di website LKS Mit turki, ada banyak materi Belajar B. Turki], juga situs2 lainnya Merhaba Turkish dll, atau dari teman2 PPI biasanya ada kasih guide singkat. Silahkan di manfaatkan. So...insya Allah ndak ada ke khawatiran tentang hal ini.

Yang penting sekarang?

1. Persiapan packing
2. Baca-baca belajar ringan B. Turki
3. Pamitan dengan saudara, saudara, guru-guru, teman2, mohon do'a restu mereka dengan akan berangkatnya kita meninggalkan tanah air dalam waktu yang cukup lama. [huks...agar tidak seperti saya, yang hanya sempet pamit malam terakhir keberangkatan, gak sempet sms dll] Huks...
4. Doa dan Al-Qur'an syamil jangn lupa. Buat bisa di baca di Pesawat [karena perjalanan menempuh 16 jam perjalanandalam pesawat, zwiiingg....#gimana dah rasa terbang ajah dah..hihi]

Emmh...apa lagi ya, kayaknya ini dulu ya, kalo ada yang lain yang nongol insya Allah saya share lagi. Yuhuu, okayh semoga catatan kecil yang saya ketik sambil duduk di sisi jendela apartemen ini bermanfaat. insya Allah.
Turkiyeye Hosgeldin...

Salam dari turkey dan teman2 YTB akt. 2012

Evi Marlina Al-Ardvici 
Ankara, 19 Agust '13 

Wussssszzz....Have A Nice Fly

No comments: