Reminder

"Beri aku pelajaran TERSULIT, aku akan BELAJAR" Maryamah Karpov

Wajahku sujud kepada Allah yang menciptakannya, dan yang membuka pendengaran dan penglihatannya

Dengan daya dan kekuatan dari-Nya, maka Maha Suci Allah, Sebaik-baik pencipta

(Tilawah Sajadah)

Tuesday, August 20, 2013

Catatan Kecil #3 YTB Schoolarship Turkey #Persiapan Pakaian Musim sebelum keberangkatan

Assalamu'alaikum...

Dear Pemburu beasiswa Turkey & YTB Schoolar

Saya hampir melupakan catatan kecil yang sederhana akan tetapi juga cukup penting. Terimakasih buat yang sudah membantu mengingatkan dalam hal ini. Hal-hal kecil yang kadang terlewatkan. Buat teman-teman yang saat ini sedang mempersiapkan packing keberangkatan, usahakan untuk persiapan bagasi semobile mungkin, boleh membawa 2 koper, satu ukuran sedang dan satu ukuran kecil atau membawa cukup satu saja. Baju-baju bawa secukupnya. Satu hal rahasia umum yang ingin saya sampaikan, hihi...di Turkey memiliki 4 musim. Perubahan musim di kota Turkey setiap kota memiliki kadar yang berbeda, saya contohkan untuk kota Ankara kadar cuaca tidak menentu. Misalnya pagi hari bersalju akan tetapi di siang hari matahari memancar cerah dengan kondisi masih bersalju. Akan tetapi secara umum, musim di Turkey sebagai berikut:


Sumber: wikipedia

Musim Panas (Summer/Yaz) Juli-September 
Musim Gugur (Autumn/Sonbahar) Oktober-Desember
Musim Dingin (Winter/Kış) Januari-Maret 
Musim Semi (Spring/ Ýlkbahar) April-Juni

Untuk persiapan keberangkatan teman2 yang akan mengadakan keberangkatan bulan September ini, saat ini kondisi Turkey masih musim panas, jadi untuk mengurangi beban bagasi saya sarankan tidak perlu membawa Jaket musim dingin yang tebal dalam jumlah yang banyak, cukup satu saja untuk jaket dalam pesawat, karena 16 jam perjalanan dalam pesawat udara AC cukup dingin. Cukup satu saja jaket kulit jika ada, jika tidak pun tidak harus jaket kulit. Teman-teman bisa membeli jaket dingin di Turkey setelah beasiswa masuk dalam rekening. Jaket di sini menyesuaikan dengan kadar suhu di Turkey. Sekali lagi saya sarankan jika ingin membawa jaket dari Indonesia cukup bawa satu saja untuk di pakai dalam pesawat. 

Oh ya, saya tadi ingin cerita tentang kebiasaan orang Turkey di musim dingin secara umum, mengapa saya menyarankan membawa pakaian secukupnya. Hihi...pada musim dingin cuaca yang sangat dingin kebanyakan teman-teman disini menggunakan jaket, karena pakaian kita sama sekali tidak berkeringat, sehingga awet. Hohoho...jadi dalam seminggu terkadang saya perhatikan hanya berganti pakaian 2 kali. Hihi...yah mungkin ini lucu kedengarannya. Nanti kalo sudah di sini akan tahu. :D Jadi bawalah pakaian secukupnya.

NOTE : untuk muslimah 

1. Boleh membawa jilbab lebih, mengapa? karena di Turkey jilbabnya model pasmina, jarang sekali ditemukan jilbab langsung yang praktis dan jilbab segi empat yang ukuran longgar. Jadi kalau mau membawa lebih tidak apa-apa. Meski 3 saja untuk ke kampus + 2 untuk istirahat sudah cukup sebenarnya. :D Dulu saya fikir di sini akan ada jilbab lebar semacam di Indonesia, akan tetapi kenyataannya tidak. Rata-rata Pasmina dan segi empat yang ukuran kecil.

2. Mukena. Bawa mukena yang ringan [model parasut] agar memudahkan dan mengurangi jumlah bagasi kita. Oh ya, satu hal lagi tidak perlu kaget di Turkey tidak ada mukena, muslimahnya shalat dengan tidak bermukena. Jadi mukena tentu tidak lupa ya, insya Allah. Muslimah Turkey senang sekali setiap kali melihat kita shalat memakai mukena.

Berikut contoh bagasi yang saya bawa ketika itu. 

Saya membawa satu koper sedang, satu kotak kuning berupa rice cooker, tas ransel, tas cangkling berisi bantal kecil untuk tiduran di pesawat dan itu biola saya :D #hohoho 
[sebenarnya ini terlalu rempong] Jadi saya sarankan untuk lebih sederhana dan praktis dari ini

Mungkin ini dulu share saya tentang pakaian musim dingin dan pertanyaan seputar pakaian. :D selamat memilah kembali dan usahakan seefektif mungkin. Oh ya, saya sarankan membawa SANDAL JEPIT dari Indonesia, agar ketika di asrama bisa langsung digunakan pas di kamar. Sehingga waktu kita lebih efektif. Untuk sepatu cukup membawa satu. Jadi sepasang sepatu [usahakan sepatu yang nyaman di kaki, yang tidak membuat kaki kita lecet, karena di turki akan lebih banyak berjalan], sepasang sandal jepit dan 1 buah jaket insya Allah cukup + pakaian seperlunya. Jangan lupa bawa BENDERA MERAH PUTIH ya...^^

Have A nice Trip...

Salam Hangat di Musim Panas
evi marlina al-ardvici
@eviexist [my twitter]


2 comments:

Unknown said...

mb evi.....saya boleh mk.ta oin bb nya ga ? atau no whatsapp.nya. sy mau ke turki nih 2 mgg lg

Unknown said...

mb eva...sy boleh minta pin bbatau no whatsapp...inshaa Allah saya mau ke turki 2 mgg lg