Zona 4. Gaya Belajar & Stimulasi Belajar #9
Aktivitas Hari ini
Berkreasi membuat dan bermain puzzle dengan memanfaatkan kardus bekas.
Proses Kreatifitas
Mbak Nana membantu mewarnai pola yang sudah disiapkan oleh anne. Kemudian menjelaskan kepada anne bahwa puzzle nya harus di potong-potong seperti puzzle yang pernah ia lihat saat menemani Ayah rapat di kantor.
IC (Intelectual Curiosity)
Mbak Nana menanyaka dengan alat apa anne akan memotong-motong bagian puzzle tersebut. Apakah dengan pisau atau dengan gunting. Mbak Nana juga menyusun bagian puzzle tersebut tanpa bantuan anne. Bahkan ia beberapa kali menolak saat anne menawarkan untuk membantunya saat ia kesulitan.
"Biar Mbak Nana aja anne," jawab Mbak Nana. Hingga akhirnya Mbak Nana berhasil memecahkan potongan puzzle tersebut dan menyatukannya menjadi satu kesatuan paus yang utuh.
CI (Creative Imagination)
Setelah kardus di lubangi sesuai dengan pola paus, tersisalah kardus bolong berbentuk paus. Mbak Nana mengambil kardus tersebut, dan lalu bermain peran. "Namaku Paus, hai Paus ibumu dimana?"
AD (Art of Discovery)
Mbak Nana, menyusun dan membongkar kembali potongan puzzle tersebut. Melakukannya berulang-ulang. Lalu kemudian menyembunyikan beberapa potongan lain di tempat tersembunyi. Dan meminta anne untuk dapat menyusun potongan puzzle yang tersisa. Sembari tertawa-tawa riang ia bertanya "Loh, anne bagian kepala pausnya mana."
NA (Noble of Attitude)
Alhamdulillah, meski agak rewel karena ingin berenang namun akhirnya Mbak Nana dapat menyelesaikan kegiatan berkreasi puzzle dengan baik.
Refleksi
Alhamdulillah, Mbak Nana dapat bermain dengan tertib. Dapat menyusun potongan puzzle yang berjumlah 8 bagian tersebut. Ia tampak puas sebab dapat menyelesaikan misi membuat puzzle paus dengan riang gembira. Alhamdulilla.
Depok, 04.12.2020
No comments:
Post a Comment