Bermain Balok; dari Beruang Laut hingga Bunga yang Tersenyum
Zona 4. Gaya Belajar & Stimulasi Belajar #10
Anak-anak bertumbuh dengan bermain lalu perpaduan seluruh indera yang ia miliki mulai dari melihat, mendengar, merasakan, mengenali bau, dan menyentuh. Anak-anak melihat bagaimana orang tuanya beraktifitas dalam keseharian. Barangkali itu jugalah yang dilihat Mbak Nana, melihat anne dan ayah beraktifitas di dalam rumah dengan kegiatan yang tidak jauh dari buku, tilawah, setoran hafalan, mengegtik di leptop, mengajar, mengisi kajian, berdiskusi, berkreasi, dan bercerita, khususnya selama pandemi ini.
Pengamatan sederhana seorang anak-anak kepada lingkungan terdekat inilah yang akan memberikan rangsangan baginya untuk tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang mandiri dan percaya diri. Pribadi yang mampu berfikir kritis.
Aktivitas Hari ini;
Membuat aneka bentuk binatang dan tumbuhan dengan menggunakan balok pelangi.
Proses Kreatifitas
Mbak Nana mulanya hanya membuat pola pelangi sesuai dengan balok yang ada. Kemudian anne memberikan stimulus bahwa balok tersebut bisa digunakan untuk membentuk apa pun yang kita inginkan. Lalu anne membuatkan seekor kupu-kupu dengan balok tersebut. Terbentuklah seekor kupu-kupu yang cantik. Mbak Nana tertawa riang.
Setelah melihat anne membuatkan seekor kupu-kupu, ide Mbak Nana bermunculan. Ia membuat seekor beruang laut, membuat ulat, seekor ikan, sekuntum bunga dengan berbagai bentuk. Terasa betul ide kreatifnya bermunculan sebab stimulasi yang diberikan oleh anne dengan cara memberikan contoh sederhana.
IC (Intelectual Curiosity)
Mbak Nana mengubah berbagai bentuk balok pelangi, mengubah aneka bentuk mulut sehingga menghasilkan aneka emosi senyum dan sedih.
"Anne lihat, kalo mulut seperti ini sedang senyum."
"Anne lihat, kalo mulutnya seperti ini beruangnya lagi sedih."
CI (Creative Imagination)
Mbak Nana bercakap-cakap dengan berbagai bentuk binatang yang ia buat. Bermain peran dengan apa yang ada di imajinasinya. Bermain peran dengan mainan yang ia hasilkan menstimulus perkembangan bahasa Mbak Nana. Membangun kosa kata yang utuh, dan melatih anak berfikir kritis.
"Aku beruang laut. Hai, beruang laut temanmu dimana? Kita harus berbuat baik. Kalau kita berbuat baik nanti di sayang sama Allah."
AD (Art of Discovery)
Mengubah aneka bentuk balok dengan berbagai bentuk juga memberikan sentuhan imajinasi topi, kaki dan sebagainya.
NA (Noble of Attitude)
Mbak Nana bermain mandiri dengan tertib, anne hanya menemani pada awal permainan. Memberikan stimulus, lalu berkembanglah ide Mbak Nana dengan berbagai temuan pola binatang. Kemudian, anne hanya mengamati Mbak Nana bermain.
Refleksi
Mbak Nana menunjukkan hasil setiap karyanya dengan riang gembira. Ada kegembiraan dan rasa bangga dan percaya diri terhadap apa yang ia hasilkan. Mbak Nana juga bermain dengan mandiri, berjelajah imajinasi dengan menghasilkan berbagai ide kreatif.
Depok, 05.12.2020
No comments:
Post a Comment