Reminder

"Beri aku pelajaran TERSULIT, aku akan BELAJAR" Maryamah Karpov

Wajahku sujud kepada Allah yang menciptakannya, dan yang membuka pendengaran dan penglihatannya

Dengan daya dan kekuatan dari-Nya, maka Maha Suci Allah, Sebaik-baik pencipta

(Tilawah Sajadah)

Saturday, December 5, 2020

Zona 4. Gaya Belajar & Stimulasi Belajar Hari ke-10; Bermain Balok dari Beruang Laut hingga Bunga yang Tersenyum

 Bermain Balok; dari Beruang Laut hingga Bunga yang Tersenyum

Zona 4. Gaya Belajar & Stimulasi Belajar #10

Hasil karya Mbak Nana, Beruang Laut

Anak-anak bertumbuh dengan bermain lalu perpaduan seluruh indera yang ia miliki mulai dari melihat, mendengar, merasakan, mengenali bau, dan menyentuh. Anak-anak melihat bagaimana orang tuanya beraktifitas dalam keseharian. Barangkali itu jugalah yang dilihat Mbak Nana, melihat anne dan ayah beraktifitas di dalam rumah dengan kegiatan yang tidak jauh dari buku, tilawah, setoran hafalan, mengegtik di leptop, mengajar, mengisi kajian, berdiskusi, berkreasi, dan bercerita, khususnya selama pandemi ini. 

Pengamatan sederhana seorang anak-anak kepada lingkungan terdekat inilah yang akan memberikan rangsangan baginya untuk tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang mandiri dan percaya diri. Pribadi yang mampu berfikir kritis.

Aktivitas Hari ini; 

Membuat aneka bentuk binatang dan tumbuhan dengan menggunakan balok pelangi.

Proses Kreatifitas

Mbak Nana mulanya hanya membuat pola pelangi sesuai dengan balok yang ada. Kemudian anne memberikan stimulus bahwa balok tersebut bisa digunakan untuk membentuk apa pun yang kita inginkan. Lalu anne membuatkan seekor kupu-kupu dengan balok tersebut. Terbentuklah seekor kupu-kupu yang cantik. Mbak Nana tertawa riang.

Mbak Nana meminta Anne membuatkan Ikan, 
namun kemudian ia membentuknya menjadi seekor ulat

Setelah melihat anne membuatkan seekor kupu-kupu, ide Mbak Nana bermunculan. Ia membuat seekor beruang laut, membuat ulat, seekor ikan, sekuntum bunga dengan berbagai bentuk. Terasa betul ide kreatifnya bermunculan sebab stimulasi yang diberikan oleh anne dengan cara memberikan contoh sederhana.

IC (Intelectual Curiosity)

Karya Mbak Nana, Bunga yang Tersenyum

Mbak Nana mengubah berbagai bentuk balok pelangi, mengubah aneka bentuk mulut sehingga menghasilkan aneka emosi senyum dan sedih. 

"Anne lihat, kalo mulut seperti ini sedang senyum."

"Anne lihat, kalo mulutnya seperti ini beruangnya lagi sedih."

CI (Creative Imagination)

Mbak Nana bercakap-cakap dengan berbagai bentuk binatang yang ia buat. Bermain peran dengan apa yang ada di imajinasinya. Bermain peran dengan mainan yang ia hasilkan menstimulus perkembangan bahasa Mbak Nana. Membangun kosa kata yang utuh, dan melatih anak berfikir kritis.

Karya Mbak Nana, Beruang Laut

"Aku beruang laut. Hai, beruang laut temanmu dimana? Kita harus berbuat baik. Kalau kita berbuat baik nanti di sayang sama Allah."

AD (Art of Discovery)

Mengubah aneka bentuk balok dengan berbagai bentuk juga memberikan sentuhan imajinasi topi, kaki dan sebagainya.

NA (Noble of Attitude)

Mbak Nana bermain mandiri dengan tertib, anne hanya menemani pada awal permainan. Memberikan stimulus, lalu berkembanglah ide Mbak Nana dengan berbagai temuan pola binatang. Kemudian, anne hanya mengamati Mbak Nana bermain. 

Refleksi

Karya Mbak Nana, Mbak Nana dengan penuh bangga dan percaya diri menunjukkan hasil karyanya kepada Anne. Namanya adalah "Bunga yang Tersenyum"

Mbak Nana menunjukkan hasil setiap karyanya dengan riang gembira. Ada kegembiraan dan rasa bangga dan percaya diri terhadap apa yang ia hasilkan. Mbak Nana juga bermain dengan mandiri, berjelajah imajinasi dengan menghasilkan berbagai ide kreatif.

Evi Marlina
Depok, 05.12.2020
05/12/2020 5:19:40

No comments: