Reminder

"Beri aku pelajaran TERSULIT, aku akan BELAJAR" Maryamah Karpov

Wajahku sujud kepada Allah yang menciptakannya, dan yang membuka pendengaran dan penglihatannya

Dengan daya dan kekuatan dari-Nya, maka Maha Suci Allah, Sebaik-baik pencipta

(Tilawah Sajadah)

Monday, December 7, 2020

Zona 4. Gaya Belajar & Stimulasi Belajar Hari ke-12; Hari Memasak Telur

 Hari Memasak Telur

Zona 4. Gaya Belajar & Stimulasi Belajar #12


Memasak telur merupakan salah satu ketrampilan memasak yang sudah lama di pelajari dan dipraktikkan oleh Mbak Nana. Bila sedang ingin berkreasi memasak, Mbak Nana akan meminta izin untuk memasak telur. Maka mulai dari menyiapkan wadah, mengambil telur, membuka, memberi garam dan gula, serta mengaduknya ia lakukan secara mandiri. Juga mengambil kursi sebagai pijakan berdiri (sebab kompor yang tinggi) ia persiapkan sendiri. Anne hanya mengamati dan mendampingi. 

"Kalau memasak dekat api, kan harus di dampingi orang dewasa kan anne, begitu kata Mbak Nana."

Nah, berikut adalah kegiatan memasak telur Mbak Nana menyambut hari yang kuyup oleh sebab hujan kota Depok.

Aktivitas Hari ini

Berkreasi memasak telor dadar untuk keluarga, sebagai menu sarapan.

Proses Kreatifitas

Mbak Nana menyiapkan segala kebutuhan sendiri. Menolak mendapat bantuan anne. Ia menambahkan garam dan gula ke dalam telur. Menurut Mbak Nana telur dadar lebih terasa lezat bila ada perpaduan bumbu berupa gula.

IC (Intelectual Curiosity)

Mbak Nana menggoreng sendiri telur yang sudah dicampur dengan gula dan garam tersebut. Mengamati hingga telur tersebut berwarna kekuningan dan sedikit agak gosong baru kemudian membaliknya. "Mbak Nana lebih suka yang gosong Anne, lebih lezat," kata Mbak Nana.

CI (Creative Imagination)

Setelah telur siap dan matang Mbak Nana meminta anne untuk memotong telur tersebut. Anne mengambil sendok dan memotongnya, Mbak Nana melarang memotong menggunakan sendok "Anne motongnya harus pakai pisau, jangan pakai sendok. Sendoknya dipakai buat makan aja," kata Mbak Nana.

"Kan sendok juga bisa dipakai buat motong telur dadar Mbak," kata Anne.

"Mbak Nana maunya pakai pisau aja, Mbak Nana mau dibentuk kecil-kecil ya anne."

"Coba lihat deh, telur Mbak Nana gosong seperti warna coklat." kata Mbak Nana sembari teratawa-tawa.

AD (Art of Discovery)

Mbak Nana menikmati sensasi menanti telor berubah proses, mulai dari saat telor di tuang ke kuali, lalu perlahan menguning mekar, lalu perlahan coklat. "Anne telornya mulai berubah menjadi gosong, kita tunggu dulu aja ya Anne, sebab Mbak Nana suka yang gosong."

NA (Noble of Attitude)

Mbak Nana berbagi telur hasil masakannya kepada adik di meja makan. Saat adik mulai rewel sebab ingin mengambil seluruh yang ada di piring Mbak Nana melarang "adek, jangan diambil semua ya. Kan Ayah belum nyobain. Nanti Ayah nggk kebagian kalo diambil semua."

Refleksi


Mbak Nana terlihat begitu berbinar gembira dengan kegiatan memasak telur. Bersinar rasa kebanggaan dan rasa kepuasan dari sinar matanya. Ia telah melakukan sesuatu yang berarti bagi keluarga. Juga sebab dapat melakukannya dengan mandiri. Alhamdulillah.

Evi Marlina
Depok, 07.12.2020
07/12/2020 6:02:54


No comments: