Reminder

"Beri aku pelajaran TERSULIT, aku akan BELAJAR" Maryamah Karpov

Wajahku sujud kepada Allah yang menciptakannya, dan yang membuka pendengaran dan penglihatannya

Dengan daya dan kekuatan dari-Nya, maka Maha Suci Allah, Sebaik-baik pencipta

(Tilawah Sajadah)

Monday, January 13, 2014

PERADABAN sepanjang Zaman, ini tentang Belajar!

PERADABAN sepanjang Zaman, ini tentang Belajar!
=======

Oleh: Evi Marlina
Sakura RT, Turki 12012014**
Bismillahirrahmanirrahim...

“Bangsa yang tak mengenali sejarahnya, takkan mampu merekayasa masa depannya.” 

(Pepatah Arab, Hikmah Masyhur)


kereta Marmaray, Istanbul. sumber foto gugel

Adzan magrib bermekaran pada langit-langit negeri dua benua. Camar laut dengan kepak tajam melintas bergerombol. Patukannya menghentak petang laut Marmaray. Kerlap-kerlip lampu vapur (kapal) pelabuhan dan pertokoan berduyun turun dan bercelupan bersama gelombang asin ombak Marmara yang menghantam disepanjang pinggiran laut. Otobus dan tremway kota mereda perlahan, gempita kondektur dan teriak lantang suara penjaja misir (jagung) khas Turki berduyun menepi, meski bau khas Roti, kebap, kofte dan ikan bakar menjadi karakter aroma utama peraduan laut Marmara.

Malam yang selalu berbeda dari kerasnya kota disiang hari. Malam yang akan selalu membuatmu merindukan negeri dengan ribuan hamparan 12 warna bunga Tulip pada musim spring yang mekar mentarinya memancar dan bersemburat orange dari balik celah-celah kubah masjid yang didesain oleh arsitektur terbaik. Istanbul, meski lebih tenang dimalam hari, tetaplah ribuan manusia tak lelah berhenti memadati kota pemilik master piecenya Bhosporus. Istanbul, Turki. 

Ini tentang Belajar! 
Ketika pada sebuah hari istimewa laut Marmara kembali menuangkan tinta sejarah peradaban Turki. 29 Oktober 2013! Negeri dua benua ini kembali menambahkan satu daftar sejarah peradaban yang tidak akan pernah terlupakan oleh siapa pun jua. Akan terus diperbincangkan dengan bangga dari masa kemasa, satu generasi kegenerasi, zaman kezaman. Semua jiwa bergemuruh kagum atas keberanian pemimpin negerinya yang dengan berani telah menciptakan sejarah besar.

Ini tentang belajar!
Dunia mencatat bahwa pada tanggal bersejarah di penghujung tahun 2013 itu resmi melintaslah dengan gagah perkasa sebuah Kereta berkemampuan menampung 75.000 orang penumpang perjam. Menembus lorong bawah laut berkedalaman 1.370 meter. Mempertemukan dua benua; Asia dan Eropa.

Dunia mencatat! Turki telah membuktikan kepada mata dunia bahwa negerinya adalah sang pembelajar yang berani mengambil referensi dari sejarah terbaik negerinya. Kereta Marmaray adalah sebuah impian pada masa Sultan Ottoman Abdul Medjid untuk membangun terowongan bawah laut yang belum pernah ada yang membangunnya. MIMPI 150 TAHUN yang silam. Ini menjadi catatan penting bahwa negeri-negeri besar tumbuh MENJADI karena BELAJAR dari sejarah. 

"Dan akan Kami teguhkan kedudukan mereka di muka bumi dan akan Kami perlihatkan kepada Firaun dan Haman beserta tentaranya apa yang selalu mereka khawatirkan dari mereka itu. (QS: Al-Qashash Ayat: 6)

Ini tentang belajar!
Ketika kita duduk di salah satu alun-alun masjid Sultan Mehmet –Blue Mosque- atau Suleymaniye dan memandang dengan penuh kekaguman bagaimana keajaiban langit-langit masjidnya telah didesain oleh arsitektur terbaik mampu mendeskripsikan keindahan bahasa KAGUM. Menaranya menjulang tinggi menembus langit. Mendeskripsikan kekuatan yang tidak terbatas. Adalah bahasa kecerdasan sang arsitek dan bagaimana sejarah di bangun dengan penuh kesungguhan.

Turki tercatat sebagai sebuah negara dengan daya pikat sejarah yang tidak pernah terbantah dari zaman-kezaman. Terukir lembaran catatan sejarah kekuasaan dan kebesaran peradaban Turki di bawah kesultanan Utsmaniyah yang puncak kekuasaan terjadi pada masa Sultan Suleiman Agung dimana Turki tercatat sebagai salah satu negara terkuat di dunia. Negeri yang tercatat sebagai pemilik salah satu arsitektur muslim yang diakui bahkan oleh peradaban barat sekali pun. Negeri dimana abad ke-16 Ottoman adalah salah satu yang paling produktif - dan terbaik - arsitek bangunan agamanya di dunia, oleh arsitektur Muslim ternama, Mimar Sinan dengan karya fenomenal sepanjang abad Masjid Selimiye di Edirne dan yang paling terkenal adalah Masjid Suleymaniye di Istanbul.

Ini tentang belajar!
Kemampuan menciptakan sejarah dari masa kemasa menjadi catatan pelajaran penting bagaimana sebuah negeri mampu berkembang dan belajar dari sumber sejarah terbaik dari masa kemasa. Tidak akan hilang dengan harga cuma-cuma oleh lintasan waktu.

Lalu mengapa hal ini bisa terjadi? Karena keberanian belajar dari sejarah terbaik negerinya. Negeri yang tidak berbesar hati dan enggan belajar dari sejarah terbaik negerinya cepat atau lambat tidak ubahnya sedang menantikan kehancuran bagi negerinya sendiri. 

"Dan berapa banyak tanda-tanda kekuasaan Allah di langit dan di bumi yang mereka menyaksikannya berulang-ulang semasa mereka pergi dan datang, sedang mereka tidak juga menghiraukan dan memikirkannya.” (Q.S. Yusuf;105)

Belajar dari sejarah terbaik adalah kata kunci penting dalam membangun sebuah peradan besar dari zaman ke zaman . Turki mampu membangun sejarah peradaban sepanjang zaman karena kebesaran hati dan fikir untuk belajar dari referensi sejarah terbaik. 

“Bangsa yang tak mengenali sejarahnya, takkan mampu merekayasa masa depannya.” (Pepatah Arab, Hikmah Masyhur). Allahu’alam bisshawab.
**Disampaikan dalam memenuhi tugas Kulsap ODOJ MITI MJR SJR 2014
**thank a lot for teknisi penulis yang telah jungkir balik dalam membantu menyempurnakan tulisan ini :D

No comments: