Reminder

"Beri aku pelajaran TERSULIT, aku akan BELAJAR" Maryamah Karpov

Wajahku sujud kepada Allah yang menciptakannya, dan yang membuka pendengaran dan penglihatannya

Dengan daya dan kekuatan dari-Nya, maka Maha Suci Allah, Sebaik-baik pencipta

(Tilawah Sajadah)

Thursday, August 20, 2020

Challenge of the Week #9 Tips Belanja Bahan Makanan Online

 Tips Belanja Bahan Makanan Online

Challange of the Week #9 Kampung Ibu profesional Depok

Assalamualaikum 

Mak kesayangan yang super kreatif. Taraaa, balik lagi kita di program pekanannya KIP Depok nich. Yupie, apalagi kalau bukan COTW (Challenge of the Week), ahaha. 

Masha Allah, nggk terasa ya Mak kita sudah sampai di COTW pekan ke-9. Masih jauuuh euuy, COTW-nya masih ada sampai COTW #15. Huwaah, warbiyasaaah. Allahu Akbar, ahahaha. Sueemmangat banget nih ngikuti challengenya KIP Depok. 

Beneran ikutan COTW ini jadi semacam modal warming up yang mahal banget bagi saya secara pribadi. Melatih konsistensi persiapan memasuki kelas Bunda Sayang. 

Ya, meski dengan segala keterbatasan yang ada, alhamdulillah bersyukur sekali sebab bisa ikut serta meramaikan programmnya KIP Depok. Alhamdulillah...semua ini atas izin dan karunia Allah. 

Nah tema kali ini adalah tips berbelanja bahan makanan secara online. Di era digital yang serba android sudah mesti kita juga yang bukan generasi jaman now pun tak bisa mengelak dari dunia digital ya Mak. 

Tuntutan zaman membuat kita mau tak mau harus juga ngencengin ikat pinggang. Lari kenceng beradaptasi mengikuti ritme perubahan dan perkembangan teknologi yang super cepat bak kilat. Salah satunya adalah berbelanja bahan dapur secara online. Dulu? Barangkali nggk kebayang ya Mak, bahkan cara berbelanja pun akan secanggih hari ini. 

Apalagi masa pandemi COVID-19. Tentulah semakin terasa manfaatnya berbelanja secara online ini. 

Manfaat Belanja Online; Positif & Negatif

Tentu saja tak hanya melulu soal kemudahan dan efektifitas waktu yang kita peroleh dengan memanfaatkan gadget di tangan, namun juga secara tidak langsung kita dapat menghemat energi karena tidak perlu berpeluh atau berpanas ria datang ke warung atau ke pasar, atau ke swalayan untuk berbelanja.

Selain itu juga manfaat lainnya, kita bisa turut membantu para UMKM yang menjalankan usahanya; baik yang tanpa melalui market place mau pun yang melalui market place tertentu. Lebih jauh dari itu kita juga berbagi rezeki kepada para pekerja ojek online.

Meski ada banyak manfaat yang kita peroleh dengan cara berbelanja online ini, namun tetap kita juga harus extra bijak dan jeli dalam berbelanja online pastinya ya Mak. 

Sebab sebagai contoh, beberapa bulan yang lalu seorang sahabat saya menceritakan kisahnya bahwa ia baru saja terkena penipuan setelah menyelesaikan transaksi pembelian satu produk belanja online di aplikasi instagram. Alih-alih mendapatkan bahan yang dibutuhkan dengan kualitas bagus dan harga yang murah, malah sebaliknya tertipu oleh oknum pedagang online tersebut. Miris ya Mak.

Nah, pada kesempatan kali ini, izinkan saya berbagi #tipsalakamu bagaimana berbelanja bahan makanan secara online ini. Sehingga bahan makanan yang dijajakan sesuai dengan harapan; lezat dan segar tentu saja. 

Yaa...meski saya agak bingung juga sih mau nulis apa untuk tema kali ini, walau pun terbilang cukup sering belanja bahan makanan online untuk kebutuhan dapur, hahaha.... Tapi saya akan coba berbagi dari sedikit pengalaman saya ketika memutuskan untuk berbelanja bahan makanan secara online sebagai berikut:

1. Berbelanja di WAG Olshop Komplek

Huehehe...ndak jauh-jauh via aplikasi si Mak sebenarnya saya kalau belanja. Kebetulan di komplek perumahan terdapat grup WA khusus untuk kegiatan berjual beli. Dimana anggotanya adalah warga komplek perumahan, baik berstatus sebagai penjual mau pun sebagai pembeli. 

WAG Olshop Komplek ini di bawah koordinasi RW (Rukun Warga), sehingga keamanannya insha Allah cukup/sangat terjamin. Alhamdulillah.

Saya sangat terbantu dengan kehadiran grup tersebut untuk berbelanja secara online. Sebab penjualnya menyediakan layanan delivery dalam waktu sesingkat-singkatnya. Tak hanya mendapatkan bahan makanan yang saya butuhkan, namun lebih jauh dari itu juga bisa mengenal tetangga lebih dekat. Dan insha Allah tentu lebih terpercaya ya, sebab penjualnya adalah warga komplek yang sebagian besar sudah saling mengenal. Jadi makin guyub kaan...

Berbagai produk pakaian, makanan lauk pauk, hingga bahan makanan tersedia di grup WAG Olshop. Mulai dari telur, cabai, bawang merah, aneka ikan asin, ikan segar, ayam potong, aneka frozen food, buah-buahan, air galon, minyak sayur dan sebagainya bisa ditemukan di grup ini. Meski pun tidak one stop shopping ya Mak. Karena penjualnya menjual berbagai produk yang beragam.

Oleh sebab itu biasanya saya memanfaatkan membeli kebutuhan bahan tertentu melalui WAG Olshop Komplek ini. Alhamdulillah, dalam beberapa kesempatan kebutuhan dapur yang biasa saya beli dari memanfaatkan grup WA online shop ini seperti; telur, ayam potong, daging dan air galon. Ya ya ya...tentu saja termasuk aneka jajanan atau lauk pelengkapnya juga si seringnya. Huehehe...alhamdulillah.

2. Berbelanja Online di Pedagang Sayur 

             Warung dikampung sebelah, menyediakan berbagai jenis bahan makanan 

Hahaha...tetep temanya belanja online tapi nggk di market place ya Maak, ahaha. Ya meski market place merebak, mang sayur juga gak mau ketinggalan jaman nih Mak. 

Alhamdulillah sejak Rayyan anak ke-2, lahir kehadiran Mang Sayur dengan layanan belanja online alias pesan lewat WA plus layanan delivery-nya sangat membantu saya. 

2 atau 3 hari sekali, atau sepekan sekali biasanya saya pesan sayur via WA di tukang sayur baik yang sering mangkal di komplek mau pun pedagang sayur di kampung sebelah. Biasanya saya pesan pada malam hari di Mang Sayur. Untuk kemudian diantar pada pagi harinya. Tentu saja sayur masih dalam keadaan seger buger, sebab fresh dari pasar langsung.

Warung langganan di kampung sebelah yang menyediakan jasa delivery
alhamdulillah, sekeluarga besar langganan disini

Pesan sayur di pedagang sayur yang sudah dikenal/langganan tentu saja membuat saya merasa lebih aman dan percaya. Sebab memang sudah saling mengenal dan mengetahui kualitas sayur yang dijual. Bahkan kadang Mang Sayurnya pun memilihkan kualitas paling segar versi mereka. Dengan demikian saya pun percaya dan tak perlu repot memberikan instruksi ini dan itu.

Belanja bahan makanan online di tukang sayur masih menjadi pilihan utama saya hingga saat ini. Saya merasa ada kegembiraan yang lebih saat berbelanja di warga perkampungan. Kecuali untuk beberapa bahan makanan yang hanya saya beli di toko online tertentu, seperti ayam dan perdagingan.

3. Berbelanja Online di Olshop Teman

Pasti dong ya, ini merupakan cara belanja online yang paling praktis dan paling aman. Mengapa paling praktis? Sebab kita sudah kenal siapa penjualnya. 

Tentu saja ini semakin memudahkan kita ketika berbelanja bahan makanan. Sebab waktu dalam memutuskan berbelanja relatif jauh lebih mudah. Yang kedua, yang tak kalah jauh lebih penting tentu keamanan insha Allah terjamin. Trus, gak khawatir di kasih produk yang sudah mau kadaluarsa donk ya. Cuss deh, belanja dagangan temen.

Nah, soal belanja bahan makanan/makanan dagangan teman ini suami lebih banyak berperan sebenarnya. Suami gemar membelikan bahan makanan dengan cara belanja online dagangan milik teman suami huehe alhamdulillah. Biasanya suami akan meminta pendapat saya dahulu sebelu memutuskan membeli, "Yang, mau nggk kalo kita beli nugget di Pak A. Temen ayah yang jualan." 

Beberapa bahan/makanan yang bisa di beli di dagangan teman misalnya seperti frozen food, pempek, kurma, air zam-zam, buah-buahan segar dst. 

4. Berbelanja Bahan Makanan di aplikasi Market Place

Aplikasi online menyediakan banyak pilihan yang bisa kita manfaatkan. Dalam banyak kesempatan aplikasi ini sangat membantu saya dalam memenuhi kebutuhan dapur. Khususnya dalam keadaan tertentu, saat malam hari pas mau masak lauk eh persediaan di kulkas habis. Pas mau goreng telur, eh minyak goreng habis. Pas bikin rendang, eh bumbunya kurang. 

Tanpa perlu repot berpikir panjang, maka belanja di fitur aplikasi pun menjadi solusi yang paling baik. Masha Allah, itulah salah satu manfaat teknologi. Membantu mempermudah pekerjaan manusia.

Nah untuk belanja kebutuhan bahan makanan seperti sayur, cabai dan sejenisnya saya jarang tepatnya memang lebih memilih berbelanja di pedagang sayur di mang sayur. Ada pun aplikasi online biasanya saya manfaatkan untuk berbelanja, frozen food, minyak goreng, bumbu-bumbu siap saji, tepung dan bahan makanan non sayur mayur.

Bagaimana Tips Berbelanja Bahan Makanan di Market Place ini?

Nah, begitu banyak toko online di market place ini Mak. Tentu perlu juga bagi kita untuk mensiasati cara efektif agar kita dapat tepat sasaran dan efektif ketika memutuskan membeli di toko pelapak tersebut. 

Tapi berhubung yang lebih sering membantu saya berbelanja bahan makanan online ini adalah suami, hahaha...maka berikut adalah hasil wawancara singkat saya dengan suami plus adik ipar yang kebetulan juga memanfaatkan aplikasi market place untuk berbelanja kebutuhan rumah. Wkwk...

1. Mengenali Reputasi Pelapak

Mengenal reputasi pelapak adalah hal krusial ketika memutuskan membeli produk di market place. Akan lebih bagus kalau kita sudah kenal dengan toko tersebut. Misalnya kalau saya kebetulan di depan komplek ada pedagang aneka makanan yang semuanya sudah terdaftar di market place, jadi ketika belanja langsung klik di pelapak tersebut.

Bagaimana kalau belum kenal? Kalau belum kita dapat melihat dari review/testimoni pelanggan yang pernah berbelanja di toko tersebut atau dengan melihat rating dari pelapak tersebut.

2. Cek Foto dari Setiap Produk

Nah, foto juga bisa membantu kita dalam memutuskan membeli produk. Apakah foto tersebut asli atau hanya hasil mencomot dari tetangga sebelah atau eyang gugel. Hahaha...foto yang meyakinkan tentu juga menunjukkan keseriusan dari pelapak donk ya tentunya. Jika kurang meyakinkan, atau bahkan tanpa foto sebaiknya cari di pelapak yang lain.

3. Membaca Deskripsi Produk

Membaca sejenak deskripsi produk akan sangat bermanfaat. Khususnya jika deskripsi produk tersebut dilengkapi dengan keterangan tanggal produksi dan kadaluarsa. Jika perlu, manfaatkan kolom chat untuk menanyakan pelapak.

4. Cek Harga Bahan Makanan

Biasanya satu bahan makanan di satu pelapak dengan pelapak yang lain akan berbeda. Maka ada baiknya jika kita juga melakukan perencanaan belanja, sehingga punya cukup waktu untuk melihat perbandingan harga.

5. Ketahanan Bahan Makanan

Nah, ini penting banget pastinya ya Mak. Sebab jika pengiriman membutuhkan waktu yang cukup lama maka pemilihan bahan makanan harus menjadi perhatian utama. Apakah bahan makanan tersebut bisa tahan lama atau tidak.

6. Belanja Sehari Sebelumnya

Nah beberapa pengalaman saya belanja di swalayan online biasanya tidak langsung diantar di hari yang sama, melainkan satu hari setelah pemesanan. Jadi khusus belanja di swalayan sebaiknya belanja 1 hari sebelumnya.

7. Pengalaman Belanja 

Jika kita sudah pernah berbelanja sebelumnya tentu akan sangat membantu dalam proses memilih pelapak yang menjual bahan makanan ini. Kalau kita terkesan, bakalan balik lagi kan insha Allah. Huehehe...saya biasanya begitu.

Memanfaatkan Aplikasi Market Place dengan Efektif

Biasanya, saya memanfaatkan aplikasi gojek ketika berbelanja bahan makanan secara online (duh, maaf ya Mak sebut merek). Hehe, soalnya bisa sekalian bantu-bantu pak gojeknya dengan kasih bonus tips, atau sekedar berbagi makanan.

Nah, di aplikasi ini pastinya Mak semua dah familiar ya. So saya hanya sharing beberapa fitur yang saya manfaatkan untuk berbelanja bahan makanan di aplikasi ini. 

 
Toko & Fitur Go Mart yang biasa saya manfaatkan 
untuk membeli bahan makanan secara online

Mengapa saya memutuskan memilih fitur berikut? Sebab memang saya sudah mengenal dan terbiasa belanja di mini market yang tersedia di aplikasi gojek tersebut secara langsung. Jadi memang sudah mengenal reputasi dan produknya memang bagus.

Nah, fitur yang sering saya manfaatkan adalah Go Mart dan Toko Fresh Mart di fitur Gofood. Kebetulan jika sedang tidak belanja online saya belanja beberapa bahan dapur di dua tempat ini. Jadi ketika bahan makanan habis langsung deh tanpa babibu meluncur ke aplikasi gojek dan pilih menu Go Mart atau Gofood klik Fresh Mart.

Apa perbedaan Bahan Makanan yang di Beli dari 2 Tempat Ini?

Salah satu toko tempat saya berbelanja daging & frozen food
yang menyediakan layanan online di market place

Khusus untuk daging ayam setelah melalui pengamatan panjang, toko fresh mart menyediakan daging ayam segar dengan harga yang relatif lebih murah. Hanya saja di toko Fresh Mart tidak menyediakan pilihan daging ini. Jadi saya hanya memanfaatkan untuk membeli kebutuhan frozen food sewaktu-waktu seperti; kentang goreng, nugget, sosis dan bakso. 

Sementara fitur GoMart lebih saya manfaatkan untuk membeli bahan makanan seperti minyak goreng, tepung, roti, kecap, mie instan, makanan kaleng dsb. Alhamdulillah sangat membantu dalam situasi genting dan "tertentu." Dan insha Allah aman, sebab gomart melengkapinya dengan layanan protokol Covid-19 dalam pelayanan.

Nah, sekian dulu nih Mak sharing dari saya. Semoga bermanfaat ya Mak, selamat berbelanja online di olshop tetangga Mak. Hehehe.

Wassalamualaykumwrwb.

Evi Marlina

Depok, 21 Agustus 2020

Referensi sumber foto

1. https://cyberthreat.id/read/5994/Belanja-dari-Rumah-Ini-5-Aplikasi-Kebutuhan-Dapur

2. Fotofoto yang saya gunakan dalam postingan tanpa mencantumkan link ini adalah foto dokumen pribadi. 

#pekan9
#challangeoftheweek
#ketahanankeluarga
#ketahananpangan
#kampungkipdepok
#ibuprofesionaldepok







 

No comments: