Reminder

"Beri aku pelajaran TERSULIT, aku akan BELAJAR" Maryamah Karpov

Wajahku sujud kepada Allah yang menciptakannya, dan yang membuka pendengaran dan penglihatannya

Dengan daya dan kekuatan dari-Nya, maka Maha Suci Allah, Sebaik-baik pencipta

(Tilawah Sajadah)

Friday, December 12, 2014

Berapa jumlah masjid di kampusmu? #catatanSore

Berapa jumlah masjid di kampusmu?
=============================


Sekitar 4 hari yang lalu dengan berlari-lari kecil saya dan beberapa teman kelas berlari menuju musola fakultas. Saya tidak tahu secara pasti, apakah ini satu-satunya musola yang ada di kampus Ankara Univ untuk wilayah Cebeci, tampaknya demikian. Letaknya cukup dekat dengan Fakultas saya, sehingga tidak akan menjadi masalah besar untuk mencapainya. Saya tahu betul musola kecil itu seringkali tidak mampu menampung jamaah shalat kampus. Riang betul hati saya melihat banyaknya jumlah sepatu yang berdesakan rapi di depan pıntu musola, menandakan banyaknya dan ramainya mahasiswa yang shalat disana.

"Hanifah kau tahu betapa sulitnya shalat dalam keadaan sempit." Curhat teman saya ketika kami berlari kecil bersama.

Saya tidak segera menjawab.

"Bagaimana di kampusmu saat kamu belajar di Indonesia?" Tanyanya lagi.
Saya sejenak terdiam. Tentu saja. Pertanyaan itu mengingatkan kenangan pada musola besar, luas, tenang, ditambah semilir angin, dimana saya suka sekali duduk menanti dosen di halaman musola yang menghadap alun-alun jalan yang ada pohon mangga. Adem...

"di kampus saya saat di Indonesia, kami memiliki musola di masing-masing Fakultas. Dan beberapa Fakultas memiliki masjid yang sangat luas." Jawab saya sepenuh hati. Teringat Masjid Al-ıjtihad FKIP UNJA.

"Ohaa...baguuusnyaaa." Jawab teman saya keheranan. 

— mencari matahari.

No comments: