Reminder

"Beri aku pelajaran TERSULIT, aku akan BELAJAR" Maryamah Karpov

Wajahku sujud kepada Allah yang menciptakannya, dan yang membuka pendengaran dan penglihatannya

Dengan daya dan kekuatan dari-Nya, maka Maha Suci Allah, Sebaik-baik pencipta

(Tilawah Sajadah)

Friday, June 21, 2013

UCURTMA "SENIN ICIN BINLERCE YAPARIM"


UCURTMA
"SENIN ICIN BINLERCE YAPARIM"


Amir dan Hasan [yang memegang Layang-layang/Ucurtma]


Aku ingin kita menjadi generasi pena sebaris Khaled Hosseini


Semua terbang dan membawaku pada sebuah ruang kamar kos kecil di ujung sumatera sana. Buku-buku berceceran, berserak. Kertas-kertas dipenuhi cat bertinta bekas print. Beberapa berserak gulungan rusuh di bawah lemari, tidak menentu. Itu hari penting! Pengajuan proposal judul skripsi. 2,5 tahun yang lalu.

UCURTMA

The Feeling of Guilty and The Betrayal adalah 2 poin psychological point of view yang membawaku berlarut-larut tenggelam dalam theory human psychology saat aku jatuh hati menyelami novel dengan Ketebalan 496 itu. Semenjak mengenal sastra English pada mata kuliah Literature itu tidak membuatku jatuh hati padanya, sebaliknya dari sana aku mengenal beragam theory Human Psychology. Dan itu berawal dari sebuah tugas analisis sastra "Rose for Emily" milik William Faulkner yang membuat aku dan teman2 kelas mengalami stress berat selama berminggu-minggu. Hihi...

UCURTMA

Aku ingin menonton filemnya, ketika suatu hari Mam Fortuna pembimbing akademikku menyetujui judul analisis novel itu. "Ibu sudah nonton filemnya vi, bagus sekali." Begitu kata Mam Una.

Sayangnya judul itu terpaksa aku terbangkan bak layang-layang akan tetapi terputus benangnya dan hilang, saat jurusan Pendidikan Bahasa Inggris tidak memberikan izin menganalisis novel bergenre non Australia atau Amerika. Meski novel itu berlattar Pakistan dan United State. 

UCURTMA

Literature analysis adalah bentuk kemarahanku saat 3 atau entah yang kesekian kalinya aku mengajukan judul pengajaran metode pengajaran bahasa Inggris dan selalu menerima penolakan saat berada di meja ketua Panitia penerima judul skripsi. Alasannya selalu sederhana, "kamu masih S1, nggak usah macem-macem deh mau nemui theory baru." Begitu hatiku serasa di remas. 

UCURTMA

Adalah sebuah novel dengan kekayaan jenre yang membawaku betah membacanya meski habis hitungan 10 jari tanganku. Persahabatan seorang anak majikan bernama Amir dengan seorang anak pelayan ayah Amir bernama Hasan. Kisahnya menakjubkan, ada kemarahan ada kesetiaan, pun ada pengorbanan yang tidak terbayar. Ksahnya berombak, bergelombang, berhujan...

UCURTMA

Aku sudah lupa, kapan terakhir kali berharap bisa menuntaskan keingananku menyeleami hentakan psychology yang terjadi dalam kisah itu, terlebih berharap menyaksikan filemnya, hingga aku terpaksa mengggantikan posisinya dan meletakkan hatiku pada gadis kecil berkulit hitam turunan Afrika dari South Los Angeles bernama Akeelah. Gadis berambut khas kulit hitam yang kribo dan berparas manis itu. bersekolah di tempat anak-anak nakal di wilayah Slum Area Komunitas African-American. Sebuah novel yang diangkat dari sebuah filem layar lebar yang di direkturi oleh Doug Atchison, lalu di tulis ulang oleh James W. Ellison. Dari novel yang bisa kuhabiskan dengan bersantai itu [karena jumlah halaman yang tipis] kita akan membuka jendela, melihat bocah hitam berdarah Africa itu mampu melenggang menjadi pemenang Kejuaraan bergengsi Scripps National Spelling Bee di Washington, D.C. 

UCURTMA

Ternyata aku butuh waktu 2,5 tahun sampai akhirnya tanpa sengaja membuka filem kisah persahabatan yang "mengharu biru" itu semalam, lengkap dengan tuturan Bahasa Turki. Di sini, di Turkey.

UCURTMA

Jika kita terbang tinggi di langit biru sana, kita akan bisa melihat toprak-toprak Turki dengan sempurna. Melihat pilar-pilar jendela BENUA dengan mudah. melihat kelopak-kelopak laut memerak sempurna. Suatu waktu UCURTMA itulah yang akan membawa kita menemukan benua-benua yang di sana kita saksikan panahnya terbusur dengan tepat. Ayo kita terbangkan UCURTMA itu cuy. 

UCURTMA [The Kite Runner] Karena kita adalah "Para Pengejar Layang-Layang" di Langit sana. Dan aku ingin kita menjadi generasi pena sebaris Khaled Hosseini, pemilik UCURTMA.

SENIN ICIN BINLERCE YAPARIM
[Untukmu seribu kali pun akan aku lakukan]

No comments: