Reminder

"Beri aku pelajaran TERSULIT, aku akan BELAJAR" Maryamah Karpov

Wajahku sujud kepada Allah yang menciptakannya, dan yang membuka pendengaran dan penglihatannya

Dengan daya dan kekuatan dari-Nya, maka Maha Suci Allah, Sebaik-baik pencipta

(Tilawah Sajadah)

Sunday, March 3, 2013

POIN PENTING! PENEMBUS BEASISWA TURKEY


Pada saat bermaksud apply beasiswa TURKI, saya sudah menyiapkan sejak tahun 2010. Hihi, terdengar sangat lama sekali ya, yah sejak sebelum TAMAT kuliah memang sudah MENGGILAI turkey. Akan tetapi saya daftar pada HARI DEADLINE DETIK JAM AKHIR. Huohoho…That’s me. Ulah di tiru ya. Tapi yang harus digarisbawahi alhamdulillah semua PERSYARATAN PERANG sudah saya PERSIAPKAN JAUUUUH sebelum perang di mulai. Mungkin memang sedikit berbeda dari kebanyakan. Saya mencintai TURKEY seperti mencintai tanah AIR ku sendiri. Mencintai Bumi ini seperti mencintai MENTARI. Halah…mulai dah alaii…Hihi…
Teman-teman, untuk persyaratan beasiswa TURKI sebagaimana TERLAMPIR pada postingan link ini http://miturki.wordpress.com/2013/03/02/2-persyaratan-beasiswa-turki/. UNTUK DI PERHATIKAN, bahwa pada aplikasi ONLINE selain melampirkan PERSYARATAN itu, ada beberapa HAL PENTING yang HARUS TEMAN-TEMAN perhatikan, bahwa dalam APLIKASI ONLINE yang saya lakukan tahun lalu, di dalamnya ada KOLOM-KOLOM POIN-POIN PENTING yang MEMBUAT TEMAN-TEMAN BERBEDA dari JUTAAN PESERTA   YANG MEMPERJUANGKAN BEASISWA INI, berikut yang harus teman-teman isi dan persiapkan dengan baik, antara lain
1. Please indicate any fellowships, Scholarships, or scientific awards which you have received
Poin ini kita menjabarkan prestasi-prestasi apa yang pernah kita raih, beasiswa, atau prestasi ilmiah yang pernah kita dapatkan.
2. Please state any talents, interests or hobbies you have
Nyatakan Bakat, kemampuan, hoby yang mendukung Karir STUDY masa depan teman-teman pada KOLOM ini, SINGKAT PADAT JELAS DAN BERISI.
3. Please state any published books, articles or thesis you have in the area you would like to study. Please also enclose any special education you have received and any research you have conducted in the past.
Tuliskan dan nyatakan buku-buku atau jurnal-jurnal ilmiah yang sudah pernah di muat dalam Jurnal2 nasional mau pun internasional atau pun thesis yang sudah pernah di tulis. Atau pun penelitian yang pernah teman2 lakukan.
4. Please state the reasons why you want to study in turkey (maximum 2000 words). You can use more pages if necessary. Letter of intent should include 
Nyatakan REASON mengapa teman2 ingin study di TURKEY. Untuk berjaga-jaga dengan semua kemungkinan. Karena APLIKASI ONLINE tidak terduga. seperti pada saat saya dulu menyiapkan dengan 2000 kata. Dan ternyata dalam aplikasi ONLINE hanya di minta beberapa PARAGARAP. Jadi terbayangkan BETAPA GEMPITANYA saya harus MENGEDIT dari 2000 KATA menjadi beberapa paragarap YANG SINGKAT PADAT dan JELAS. Jadi Persiapkan dengan SEMUA KEMUNGKINAN.
DALAM POIN ini ada POIN PENTING BERIKUT
 a. specification on why I want to study the departments or fields you have chosen
b. My career goals after graduation
Nah, persiapkan dengan baik ya, POIN poin di atas…semoga bermanfaat.
SELAMAT BERJUANG DAN BERISTIQOMAHLAH HINGGA TAK BERSISA BARANG SEPUCUK BUSUR PANAHMU. AKU TAHU KEBERANIAN KITA AKAN MAMPU MELEWATI TEMBOK NAN TANGGUH INI.
Cheers
Evi Marlina Al-Ardvici

No comments: