Reminder

"Beri aku pelajaran TERSULIT, aku akan BELAJAR" Maryamah Karpov

Wajahku sujud kepada Allah yang menciptakannya, dan yang membuka pendengaran dan penglihatannya

Dengan daya dan kekuatan dari-Nya, maka Maha Suci Allah, Sebaik-baik pencipta

(Tilawah Sajadah)

Tuesday, June 21, 2016

Sydney RasaTurki

Sydney Aroma Turki

Jariku dengan cepat meluncurkan ujung-ujungnya untuk mengetik nama yang cukup asing itu di papan keyboard. Hemm, tak apalah istirahat sejenak setelah beberapa malam stress berat menggugling dan membaca semua informasi bagaimana menangani pilek pada bayi. Pasalnya Najma beberapa malam tak nyenyak istirahat karena hidungnya mampet, pilek.
Alhasil mulai dari resep tradisional, resep yutub hingga resep dokter, kombinasi beberapa resep bisa sedikit banyak meredakan hidungnya yang tersumbat. Alhamdulillah, bobok yang nyenyak ya putriku nan periang. Senyummu yang riang membalut kerinduan Anne pada sosok cerdas bersahaja di sudut aroma Turki, Sydney. Ayahmu.

##
Gallipoli, unik.
Otakku dengan cepat menempelkan label dan menyetujui bahwa kata itu sangat unik. Disusul beberapa gambar yang dikirimkan suami dilayar hangout. "seperti masjid-masjid di Turki ya Yah, kubahnya." Responku refleks, ketika melihat kubah-kubah serta arsitekturnya yang bahkan lebih pas dikatakan bahwa bangunan itu berjejak di bumi Turki daripada di Sydney, andai saja tidak diberikan tulisan tambahan di atas kata Gallipoli, Auburn.
"Orang Turki memang hebat, masjid yang menjadi kebanggaan orang Islam dengan menara dan kubahnya, dari jalan tol udah keliatan. Hebatnya lagi dinamakan Gallipoli, mengingatkan orang Aussie pada kekalahan mereka di perang dunia 1 melawan Ottoman Empire di tanah Gallipoli Turki." Ketik Mas Faris menjelaskan bangunan masjid itu.

Hooo...ternyata dugaanku tidak meleset, perfecto!

"Sydney rasa Turki" Lanjut suami mengetikkan kata yang ringkas dan padat makna.

Jadi teringat, bahwa bangsa Turki (periode ottoman empire) dibawah kesultanan Utsmaniyyah adalah salah satu negara terkuat di dunia. Memiliki catatan sejarah dunia yang penting, sebagai tanah yang menjadi pusat interaksi antara dunia Timur dan Barat selama lebih dari enam abad.

Hemm, kalau difikir-fikir tapi mengapa dalam buku-buku pelajaran sejarah di sekolah tidak ada bab khusus yang panjang lebar menjelaskan tentang dunia Islam dan pengaruhnya ya. Tidak terkecuali hanya secuil bab kecil di ujung pelajaran. Aneh!

##
Adalah Gallipoli, merupakan masjid Auburn Gallipoli yang dirancang dengan gaya arsitektur klasik Ottoman dengan meniru Masjid Sultan Ahmed di Istanbul, Turki. Begitu kurang lebih informasi yang aku baca dari beberapa sumber. Tergelitik menyelidik karena namanya yang unik ini.

Kesimpuan ringan; jika berkesempatan ke Sydney mampirlah ke Masjid ini sebagai pengobat rasa rindu pada negeri dua benua.

Teşekkürler ayah. Story has been delivered to Najma.

Keterangan: foto kiriman dari ayah Najma

Depok, 21 Juni/Ramadhan 2016

1 comment:

Indra Jaya Kurniawan said...

infonya keren nih kak.. ooo iya kak kalau ingin tahu cara membuat website yukk disini saja.. terimakasih